IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 50/IV KOTA JAMBI

yati, meli (2021) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 50/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, PENDIDIKAN DASAR.

[img] Text
COVER (1)-dikonversi.pdf

Download (39kB)
[img] Text
LBR PRSETUJUAN BUK MELI-dikonversi.pdf

Download (30kB)
[img] Text
HALAMAN PNGSAHAN BUK MEL-dikonversi.pdf

Download (125kB)
[img] Text
ABSTRAK-dikonversi (1).pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi (1).pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi (1).pdf

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran tematik dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe snowball throwing di SD Negeri 50/IV Kota Jambi.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan desain model dari Kemmis & McTaggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Partisipan penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SD Negeri 50/IV Kota Jmabi yang berjumlah 27 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data melalui data : lembar observasi guru, catatan siswa, dan observasi dengan audio visual, Selanjutnya data hasil tindakan direfleksi untuk menentukan tindakan siklus berikutnya dan kesimpulan akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model cooperative learning tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 50/IV Kota Jambi. Peningkatan tersebut terlihat pada ketiga aspek yang diteliti diantaranya pada aspek interaksi, kerjasama dan komunikasi. Dari ketiga aspek tersebut menunjukan perkembangan yang cukup signifikan dimana siswa telah terlihat interaksi dalam belajar baik interaksi guru ke siswa, siswa ke guru, maupun siswa ke siswa. Siswa juga telah mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok, siswa telah mampu mengemukakan ide dalam diskusi dan siswa telah mampu memecahkan permasalahan yang diberikan. Dari ketiga aspek tersebut hasil yang menunjukan perkembangan secara signifikan terletak pada aspek interaksi dimana sebagian besar siswa telah terlihat aktif pada proses belajar. Sedangkan pada aspek kerjasama sebagian besar siswa juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dimana siswa mulai mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok belajarnya. Peningkatan tersebut juga senada dengan hasil observasi pada aspek komunikasi, siswa telah mampu mengkomunikasikan tugas belajar baik tugas kelompok maupun individu dan siswa terlihat telah memiliki rasa percaya diri dan keberanian dalam berkomunikasi. Hal tersebut juga beriringan pada peningkatan kualitas pembelajaran yang mana hasil perolehan nilai siswa pada pembelajaran menunjukan telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum dan menunjukan peningkatan secara signifikan, sehingga apa yang diharapakan dalam pembelajaran tematik dapat terlaksana dengan baik. Kata Kunci: Model Cooperative Learning tipe snowball throwing, Keaktifan belajar siswa dan Pembelajaran Tematik

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: MELIYATI. R
Date Deposited: 05 Jul 2021 02:19
Last Modified: 06 Jan 2022 06:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21914

Actions (login required)

View Item View Item