Rahmawati, Rahmawati (2021) EVALUASI MANAJEMEN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) SISWA SMK-PP NEGERI JAMBI. S2 thesis, FKIP. Manajemen Pendidikan. Pascasarjana UNJA.
![]() |
Text
COVER.rtf Download (300kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (32kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
REFERENSI.pdf Download (47kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmawati, (2021). Evaluasi Manajemen Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa SMK-PP Negeri Jambi. Tesis, Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. KA. Rahman, M.PdI. Pembimbing II Prof. DR. DRA. Nazurty, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK-PP Negeri jambi serta untuk memperoleh gambaran lengkap dan jelas tentang manajemen program prakerin ditinjau dari variable Conteks, Input, Proses dan Produk serta kendala-kendala yang dihadapi dalam melaksanakan program tersebut. Program prakerin ini dilaksanakan oleh Panitia Prakerin SMK-PP Negeri Jambi dan lokasi pelaksanaannya di Perusahaan Perkebunan Sawit PT NGKS di Kec. Pemayung. Penelitian ini menerapkan metode Mixed Methods, berfokus pada pengumpulan data, penganalisaan data kualitatif dan kuantitatif dalam suatu penelitian tunggal atau lanjutan. Objek penelitian adalah Ketua Panitia, Kepala Sekolah, Guru Pembimbing, Pembimbing Lapangan dan 60 orang siswa yang telah lulus. Data yang dikumpulkan adalah wawancara, angket, dokumen. Analisis data untuk wawancara menggunakan antara lain pengkodean, pembuatan tema, penyajian hasil secara sistematis dalam bentuk rangkuman wawancara dan menarik kesimpulan berdasarkan data yang telah disusun. Untuk angket menggunakan mean (nilai rata-rata) dengan kategori sangat sesuai, sesuai, tidak sesuai dan sangat tidak sesuai. Hasil analisis selanjutnya dibahas dengan teori. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif menemukan bahwa manajemen prakerin dilihat dari ketercapaian program didapatlah nilai rata-rata 3,31 dengan kategori sangat sesuai. Hasil analisis data kualitatif menemukan bahwa manajemen program prakerin, pertama Penyebaran buku panduan prakerin yang belum mencapai target sasaran. Kedua sarana dan prasarana kurang memadai. Dalam hal sekolah memiliki SDM yang memadai belum terpenuhi karena masih ada guru pembimbing yang bukan dari guru produktif. Kedua belum adanya sosialisasi dari pihak panitia ke perusahaan. Sosialisasi dilakukan oleh pejabat sekolah, bukan oleh Guru pembimbing yang hanya mengantar dan menjemput siswa dari lokasi prakerin. juga pelaksanaan prakerin di SMK-PP dilaksanakan dikelas XII bukan di kelas XI. Selanjutnya evaluasi, Di SMK-PP Negeri Jambi evaluasi dilaksanakan hanya secara internal saja tidak secara menyeluruh hingga kepihak perusahaan. Kata Kunci : Evaluasi, Manajemen, Praktek Kerja Industri (Prakerin)
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | RAHMAWATI |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 07:59 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 07:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |