ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI EVALUASI HASIL KERJA ANAK SELAMA COVID 19 DI TK AL BADARIYAH MUSLIMAT NU KABUPATEN BATANGHARI

APRIYANTI, LARAS (2021) ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI EVALUASI HASIL KERJA ANAK SELAMA COVID 19 DI TK AL BADARIYAH MUSLIMAT NU KABUPATEN BATANGHARI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (136kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)

Abstract

ABSTRAK Laras Apriyanti 2020 “Analisis perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Evaluasi Hasil kerja Anak Selama Covid 19 di TK Al Badariyah Muslimat NU Kabupaten Batanghari”, Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I DR. H.Hendra Sofyan. M.Si, dan Pembimbing II Dr. K.A. Rahman, M.Pd.I Kata Kunci : Perkembangan Motorik Halus, Evaluasi Hasil kerja, Anak Kemampuan motorik halus anak merupakan keterampilan yang membutuhkan keselarasan otot- otot gerak halus seperti otot jari maupun pergelangan tangan. Dilihat dari masa pandemik Covid 19 sekarang ini terjadi pembelajaran tentang perkembangan motorik halus anak sedikit terganggu ini dikarenakan anak mengikuti pembelajaran daring di rumah. Jika biasanya anak mendapat bimbingan guru di kelas, kali ini orang tua yang harus membimbing anaknya dirumah, khususnya anak usia dini. Seperti sekarang ini merupakan waktu yang tepat bekerjasama antara orang tua dan anak untuk melihat evaluasi hasil kerja melalui perkembangan motorik halus anak selama masa covid 19, karena orang tua, anak dan anggota keluarga lainnya lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Selama beraktivitas dirumah orang tua dapat mengajak anak untuk bermaian motorik halus, selain bermanfaat untuk ketrampilan akan terjalin pula kelekatan antar anggota keluarga. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Evaluasi Hasil kerja Anak Selama Covid 19 di TK Al Badariyah Muslimat NU Kabupaten Batanghari, 2) Mendeskripsikan Kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Evaluasi Hasil kerja Anak Selama Covid 19 di TK Al Badariyah Muslimat NU Kabupaten Batanghari dan 3) Mendeskripsikan hambatan perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Evaluasi Hasil kerja Anak Selama Covid 19 di TK Al Badariyah Muslimat NU Kabupaten Batanghari. Dalam penelitian ini motorik halus menggunakan teori dari Janice (2013), Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Evaluasi Hasil kerja Anak Selama Covid 19 di TK Al Badariyah Muslimat NU Kabupaten Batanghari ? 2) Apakah hambatan yang dialami anak dalam perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Evaluasi Hasil kerja Anak Selama Covid 19 di TK Al Badariyah Muslimat NU Kabupaten Batanghari ? 3) Kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat dilakukan anak untuk melihat secara langsung perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Evaluasi Hasil kerja Selama covid 19 di TK Al Badariyah Muslimat NU Kabupaten Batanghari ? Penelitian ini Penelitian deskriptif., Populasi dalam penelitian ini ada 30 orang anak dan sampel penelitian berjumlah 15 orang anak kelompok B di TK Al Badariyah Muslimat NU Kabupaten Batanghari. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, teknik analisa data menggunakan rumus persentase.. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1). Keterampilan motorik halus anak berdasarkan indikator yang diliat seperti (a) Menempel, 45.88% b) Melipat 83.33 % dan c ) Menggunting 78.89 % sebanyak 15 anak berada pada kategori tinggi. 2). Kegiatan yang dilakukan anak selama waktu penelitian telah berjalan sangat baik dengan melakukan 8 kegiatan setiap minggu dengan membuat buah apel, hewan ayam, balon udara, tanaman bunga, es krim, dan gadis kecil, ikan koi, dan ikan lele 3).Faktor penghambat motorik halus di TK Al Badariyah Muslimat NU Kabupaten Batanghari yaitu a.Peran orang tua terhadap kepedulian motorik halus anaknya cukup baik. b.Ada beberapa orang tua yang sibuk untuk mengajarkan motorik halus terhadap anaknya sehingga yang menyebabkan anak sulit untuk melakukan suatu kegiatan main. Maka dapat disimpulkan bahwa 1) melalui bermain kegiatan menempel, menggunting dan melipat kertas dapat meningkatkan motorik halus selama masa pandemi Covid 19 pada anak usia dini, dengan cara guru orang tua memfasilitasi media bermain yang dapat meningkatkan motorik halus anak dan juga orang tua dan guru selalu memberikan motivasi kepada anak, 2) kegiatan selama penelitian berjalan sangat baik, 3) Faktor penghambat selama penelitian ada beberapa orang tua yang sibuk bekerja sehingga dalam melakukan kegiatan sedikit terhambat.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I DR. H.Hendra Sofyan. M.Si, dan Pembimbing II Dr. K.A. Rahman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Motorik Halus, Evaluasi Hasil kerja, Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: LARAS APRIYANTI
Date Deposited: 06 Jul 2021 06:42
Last Modified: 06 Jul 2021 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22301

Actions (login required)

View Item View Item