Utami, Weni Lidia and kuntarto, Eko and nelli, Destri (2021) Strategi Guru Dalam Melaksanakan Membelajaran Membaca Pemahaman Pada Kelas V di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI,TABEL,GAMBAR,LAMPIRAN.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (313kB) |
Abstract
Utami, weni lidia. 2021. Strategi Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Membaca Pemahaman Pada Kelas V Di Sekolah Dasar. Skripsi, jurusan pendidikan anak usia dini dan dasar. FKIP universitas jambi. Pembimbing : (I) Drs. Eko kuntarto M.Pd, (II) Dr.Dra. Destrinelli., M.Pd. Kata kunci : Strategi Guru, Membaca Pemahaman, Siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Membaca Pemahaman Pada Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 02/IV Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles Dan Huberman. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 02/IV Kota Jambi pada januari 2021. Data penelitian ini di peroleh dengan cara observasi dan wawancara dengan wali kelas V B SD Negeri 02/IV Kota Jambi. Setelah data diperoleh, data di analisis secara kualitatif yaitu dengan cara Model Miles Dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran membaca pemahaman pada kelas V di Sekolah Dasar Negeri 02/IV Kota Jambi dengan beberapa tahapan, yaitu identifikasi membaca pemahaman, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun identifikasi membaca pemahaman yang di alami oleh siswa yaitu : 1) Membaca teks bacaan, 2) Membaca dengan cepat dan teliti, 3) Membaca kata demi kata dengan cepat. Selanjutnya adapun persiapan yang dilakukan oleh guru adalah : 1) menyiapkan RPP terlebih dahulu, 2) menyiapkan bahan bacaan untuk siswa. Kemudian tahap pelaksanaan yang dilakukan oleh guru adalah : 1) membuka kelas dengan mengucapkan salam, dan membaca do’a menurut agama masing-masing, dan menanyakan kabar siswa, 2) menjelaskan kegiatan atau pelajaran yang akan dilakukan pada saat proses pembelajaran dari awal pembelajaran sampai dengan akhir pembelajaran, 3) meminta bimbingan kepada orang tua siswa, 4) mengirimkan teks bacaan melalui grup whatsapp kelas, 5) meminta siswa membuat video membaca dan mengirikan video membaca tersebut melalui whatsapp pribadi. Dan dilanjutkan tahap evaluasi yang dilakukan doleh guru adalah : 1) mengevaluasi proses pembelajaran membaca pemahaman siswa melalui video membaca yang dikirimkan melalui whatsapp, 2) mengevaluasi lingkungan tempat belajar siswa, 3) mengevaluasi keadaan siswa, orang tua dan guru. Dari hasil penelitian ini disarankan guru hendaknya untuk terus mempertahankan dan berinovasi mengenai strategi dalam melaksanakan pembelajaran membaca pemahaman pada kelas V di sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Utami |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 04:24 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 04:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |