Firanti, Noni and Hariandi, Ahmad and Sholeh, Muhammad (2021) Strategi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Noni Juwita Firanti A1D117225 - DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, dan LAMPIRAN.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
Noni Juwita Firanti A1D117225 - Cover.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
Noni Juwita Firanti A1D117225 - BAB I.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
Noni Juwita Firanti A1D117225 - BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
Noni Juwita Firanti A1D117225 - Halaman Pengesahan.pdf Download (437kB) |
Abstract
Kata kunci: strategi, pembelajaran, pandemi COVID-19 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru kelas IVA dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SDN 66/IV Kota Jambi pada November-Desember 2020. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan warga sekolah SDN 66/IV Kota Jambi yaitu guru kelas IVC dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kelas IVC pada masa pandemi yang pertama yaitu guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang disesuaiakan dengan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi dengan mempertimbangkan metode dan media pembelajaran, kondisi siswa, dan orang tua siswa. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu metode pembelajaran daring dan luring. Pembelajaran daring dilakukan melalui aplikasi-aplikasi pembelajaran seperti whatsapp group, YouTube, Quizizz, dan zoom. Sedangkan pembelajaran yang dilakukan secara luring dilakukan melalui siaran TV Edukasi di TVRI dan kelompok belajar kecil. Media pembelajaran yang digunakan gawai, internet, TV, dan buku tema. Pada pelaksanaannya untuk mengatasi masalah terbatasnya konten sumber belajar yang sesuai materi guru membuat video pembelajaran sendiri yang nantinya akan diunggah di YouTube guru kelas IVC. Kedua pelaksanaan pembelajaran terdiri dari pra-pembelajaran yang dilakukan dengan penyampaian informasi mengenai kegiatan pembelajaran kepada siswa dan orang tua, dan dan interaksi selama pembelajaran, interaksi yang terjadi yaitu interaksi timbal balik antara guru dan siswa. Ketiga merupakan evaluasi dan penilaian yang dilakukan oleh guru. Evaluiasi dan penilaian dilakukan dilakukan melalui soal yang diberikan oleh guru selama pembelajaran, observasi tugas-tugas siswa dan penilaian hasil proyek siswa dan evaliasi dan penilaian yang guru lakukan secara langsung saat pembelajaran dengan kelompok belajar kecil di rumah siswa. kendala yang dialami guru selama melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi yaitu tidak semua materi pembelajaran dipahami dengan baik oleh siswa karena keterbatasan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran secara langsung, dan jaringan internet yang terkadang gangguan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | NONI JUWITA FIRANTI |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 07:02 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 07:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |