Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMA pada Materi Laju Reaksi

Chitra Septiani, Monica (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMA pada Materi Laju Reaksi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Halaman Cover.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (187kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING MONICA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (287kB)

Abstract

Pengembangan multimedia dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik kelas XI dalam memahami materi laju reaksi. Sementara itu guru melalui wawancara berpendapat bahwa penggunaan berbagai metode sering menemui kendala, dan diperlukannya suatu media yang dapat berorientasi berpikir kreaif dalam materi laju reaksi. Oleh karena itu dibutuhkan suatu produk multimedia interaktif berorientasi berpikir kreatif guna membantu peserta didik untuk lebih memahami materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan multimedia interaktif berorientasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMA pada materi laju reaksi, untuk mengetahui kelayakan serta penilaian guru dan respon peserta didik terhadap multimedia yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli konten dan ahli konstruk serta dinilai oleh guru yang selanjutnya ujicoba kelompok kecil untuk melihat respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berorientasi kemampuan berpikir kreatif pada materi laju reaksi layak menurut ahli konten dengan skor 4,83 (sangat baik) dan ahli konstruk dengan skor 4,7 (sangat baik). Selanjutnya dari hasil penilaian guru diperoleh skor 4,67 (sangat baik) dan respon peserta didik didapat persentase 854 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa multimedia interaktif berorientasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMA pada materi laju reaksi mendapat respon sangat baik dan dapat digunakan sebagai sumber belajar pada materi laju reaksi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: MONICA CHITRA SEPTIANI
Date Deposited: 16 Jul 2021 01:38
Last Modified: 16 Jul 2021 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22771

Actions (login required)

View Item View Item