ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI BERMAIN PERAN ANAK USIA DINI DI TK YAYASAN ALMIRA AISAH KOTA JAMBI

EKA PUTRI, DEBBY (2021) ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI BERMAIN PERAN ANAK USIA DINI DI TK YAYASAN ALMIRA AISAH KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

ABSTRAK Debi Eka Putri. 2021. “Analisis Kecerdasan Interpersonal melalui bermainn peran Anak Usia Dini DI TK Yayasan Almira Aisah”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si Pembimbing II Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd. I Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, bermainn peran Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di TK Yayasan Almira Aisah, ditemukan bahwa terdapat permasalahan yang dialami oleh beberapa anak di TK tersebut, dari hasil observasi tersebut terdapat anak yang masih kurang berani berinteraksi dengan temannya yang lain. Sehingga anak-anak tersebut berani berinteraksi hanya dengan teman dekatnya dalam mengungkapkan kalimat yang berinteraksi sesama teman. Karena, anak belum termotivasi untuk bisa berinteraksi. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis Kecerdasan Interpersonal melalui bermainn peran Anak Usia Dini DI TK Yayasan Almira Aisah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif, Populasi penelitian anak Kelompok B TK Yayasan Almira Aisah jumlah 11 anak, sedangkan sampel 12 anak menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampeling. Berdasarkan hasil dan pengolahan data kecerdasan interpersonal pada aspek anak terlihat paling popular berada pada tingkatan “Sangat Tinggi” dengan capaian sebesar 90%, kecerdasan interpersonal pada aspek anak terlihat mudah bersosialisasi berada pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 82%, kekecerdasan interpersonal pada aspek anak dapat menjawab dengan lebih terperinci dan tepat mengenai hal-hal yang menimpa teman sebayanya berada pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 87%, kecerdasan interpersonal pada aspek anak terlibat kegiatan bersama/kelompok berada pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 91%, kecerdasan interpersonal pada aspek anak lebih didengar oleh teman-temannya berada pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 89%, kecerdasan interpersonal pada aspek anak memiliki perhatian yang besar pada teman sebaya berada pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 80%, kecerdasan interpersonal pada aspek anak memiliki perhatian yang besar pada teman sebaya berada pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 79%. kecerdasan interpersonal pada aspek anak terlihat sering mengajari teman sebaya berada pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 82%. kecerdasan interpersonal pada aspek anak tampak menikmati ketika dilibatkan dalam kegiatan sosial berada pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 78%. kecerdasan interpersonal pada aspek anak cenderung berbicara kepada teman sebaya atau pendidik ketika mengalami masalah berada pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 82%. Kesimpulan pada penelitian yaitu Analisis kecerdasan interpersonal melalui bermainn peran anak usia dini DI TK Yayasan Almira Aisah Kota Jambi yang tinggi dengan perhitungan 85%.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si Pembimbing II Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Interpersonal, bermainn peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 30 Jul 2021 02:29
Last Modified: 30 Jul 2021 02:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25207

Actions (login required)

View Item View Item