Oktavia, Cindy (2021) Desain E-Modul Menggunakan 3D Pageflip Professional Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (734kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK cindy.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
daftar rujukan.pdf Download (13kB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah bahan ajar disekolah belum sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan modul yang digunakan di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi belum menunjukkan kegiatan yang aktif, dan bermakna. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) menghasilkan E-modul Menggunakan 3D Pageflip Professional Berbasis Pendekatan Kontekstual pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel kelas VII SMP; dan (2) E-modul Menggunakan 3D Pageflip Professional Berbasis Pendekatan Kontekstual pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel kelas VII SMP berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli instrumen, lembar validasi ahli desain, lembar validasi ahli materi, angket respon pendidik (guru) dan peserta didik, dan soal tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) berupa produk bahan ajar cetak yaitu E-modul Menggunakan 3D Pageflip Professional Berbasis Pendekatan Kontekstual pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel kelas VII SMP yang dikembangkan melalui beberapa tahapan model pengembangan ADDIE; (2) Hasil kevalidan E-Modul, dilihat dari validasi oleh ahli desain dan ahli materi dengan persentase berturut-turut adalah 80,95% dan 80% memenuhi kategori “valid”. Hasil kepraktisan E-Modul kelompok kecil terhadap 9 siswa (angket respon peserta didik) dengan persentase 94,32% dengan kategori ketiganya “sangat praktis”., dan hasil tes hasil belajar dengan persentase berturut-turut adalah 76,56% dengan kategori ketiganya “efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-modul Menggunakan 3D Pageflip Professional Berbasis Pendekatan Kontekstual pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel kelas VII SMP valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | OKTAVIA |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 06:31 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 06:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26893 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |