Hayat, Ainun (2021) Identifikasi Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dalam Pembentukan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Di TK Dharmawanita Mendalo Darat. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (314kB) |
Abstract
ABSTRAK Hayat A.2021. Identifikasi Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dalam Pembentukan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Di TK Dharma Wanita Mendalo Darat . Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini . FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd., (II) Dr. Drs. Hariyanto, M.Kes. Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua Demokratis , Kepercayaan Diri Kepercayaan diri merupakan suatu hal yang sangat penting untuk di kembangkan , karena kepercayan diri akan menjadi modal kesuksesan untuk anak kelak. Dengan percaya diri seseorang akan lebih mudah mengenal dan mengkontrol diri sendiri. Sementara itu kurang percaya diri dapat menghambat potensi diri. Jadi orang yang kurang percaya diri akan menjadi seseorang yang pesimis dalam menghadapi tantangan, takut dan ragu-ragu dalam menyampaikan gagasan, bimbingan dalam menentukan pilihan dan sering membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Kepercayaan diri sangat erat kaitannya dengan pola asuh yang di terapkan orang tua di rumah kepada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua demoktaris dalam pembentukan kepercayaan diri anak usia dini di TK Dharma Wanita Mendalo Darat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimanakah pola asuh orang tua demokratis dalam pembentukan kepercayaan diri anak usia dini di TK Dharma Wanita Mendalo Darat . Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah berjumlah 45 orang tua anak dan sampel dalam penelitian berjumlah 37 orang tua anak di Tk Dharma Wanita Mendalo Darat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan kriteria penafsiran persentse. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan (1) identifikasi pola asuh orang tua demokratis dalam pembentukan kepercayaan diri anak usia dini pada indikator kepercayaan diri yang tinggi dan fleksibel berada pada kualitas “ Baik “ (65%). (2) Identifikasi pola asuh orang tua demokratis dalam pembentukan kepercayaan diri anak usia dini pada indikator toleransi yang cukup baik berada pada kualitas “ Baik “ (75%). (3) Identifikasi pola asuh orang tua demokratis dalam pembentukan kepercayaan diri anak usia dini pada indikator bersikap positif berada pada kualitas “ Baik” (69%). (4) Identifikasi pola asuh orang tua demokratis dalam pembentukan kepercayaan diri anak usia dini pada indikator tidak mudah terpengaruh orang lain berada pada kualitas “ Baik ”(66%). (5) Identifikasi pola asuh orang tua demokratis dalam pembentukan kepercayaan diri anak usia dini pada indikator mampu menentukan langkah pasti berada pada kualitas “ Baik” (69%). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu Kepada Orang Tua Anak Diharapkan kepada orang tua supaya memperhatikan dan menerapkan pola asuh yang tepat terhadap anak sesuai dengan usianya, sehingga perkembangan anak akan berjalan sebagaimana mestinya perkembangan usianya ABSTRACT Hayat A. 2021. Identification of Democratic Parenting Patterns in Building Self Confidence in Early Childhood in Dharma Wanita Kindergarten Mendalo Darat. Thesis of Early Childhood Education Teacher Education Study Program . FKIP Jambi University, Supervisor (1) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd., (II) Dr. Drs. Hariyanto, M.Kes. Keywords: Democratic Parenting Pattern, Confidence. Self-confidence is a very important thing to develop, because self-confidence will be the capital of success for children in the future. With confidence, a person will find it easier to know and control himself. Meanwhile, lack of self-confidence can hinder self-potential. So people who lack confidence will be someone who is pessimistic in facing challenges, afraid and hesitant in conveying ideas, guidance in making choices and often comparing themselves with others. Self-confidence is closely related to the parenting style applied by parents at home to their children. This study aims to describe democratic parenting in the formation of self-confidence in early childhood in Dharma Wanita Mendalo Darat Kindergarten. The formulation of the problem in this study are 1) How is the democratic parenting pattern in the formation of self-confidence of early childhood in the Dharma Wanita Mendalo Darat Kindergarten. This type of research includes quantitative research with a quantitative descriptive approach. The population in this study was 45 parents of children and the sample in the study was 37 parents of children at Tk Dharma Wanita Mendalo Darat. Data collection techniques in this study using a questionnaire (questionnaire). The data analysis technique in this study used the percentage interpretation criteria. Based on the results of research and discussion (1) the identification of democratic parenting patterns in the formation of self-confidence in early childhood on the indicator of high and flexible self-confidence is in the quality of "Good" (65%). (2) Identification of democratic parenting patterns in the formation of self-confidence in early childhood on a fairly good tolerance indicator is in the quality of "Good" (75%). (3) Identification of democratic parenting patterns in the formation of self-confidence in early childhood on the indicator of being positive is in the quality of "Good" (69%). (4) Identification of democratic parenting patterns in the formation of self-confidence in early childhood on indicators of not being easily influenced by others is of "Good" quality (66%). (5) Identification of democratic parenting patterns in the formation of self-confidence in early childhood on the indicator of being able to determine definite steps is in the quality of "Good" (69%). The conclusion in this study is to parents of children. It is expected that parents pay attention and apply appropriate parenting patterns to children according to their age, so that the development of children will run as they should.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Democratic Parenting Pattern, Confidence. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Hayat |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 07:32 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 07:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |