MELINDA, NOVELA and Yusnaidar, Yusnaidar and epinur, epinur (2021) PENGEMBANGAN e-MAGAZINE MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (PENGEMBANGAN e-MAGAZINE MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
COVER.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN e-MAGAZINE MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN e-MAGAZINE MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN e-MAGAZINE MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
BAB I.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN e-MAGAZINE MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
BAB V.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN e-MAGAZINE MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
Abstract
Mata pelajaran kimia bersifat kompleks karena materi-materi sebelumnya yang saling berhubungan. Siswa tidak hanya dituntut mempelajari rumus, reaksi dan konsep ini sebatas hafalan saja. Namun juga diharapkan agar pengetahuan kimia siswa dapat digunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Multipel representasi adalah kemampuan merepresentasi secara ganda (multipel). Fenomena kimia dapat dijelaskan dengan tiga level representasi yaitu makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Ketiga level ini saling berkaitan satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kevalidan e-magazine ini berdasarkan pendapat ahli, kemudian untuk mengetahui bagaimana penilaian guru dan respons siswa terhadap e-magazine ini, serta untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan e-magazine ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee and Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara, soal tes dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi, ahli desain dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan satu-satu dan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban). Hasil dari penelitian ini diperoleh rerata skor dari ahli materi dan desain serta ahli media masing-masing sebesar 4,72 (sangat baik); 4,7 (sangat baik) serta media dinyatakan valid. Selanjutnya berdasarkan dari tanggapan dan penilaian guru diperoleh rerata skor 4,65 (sangat baik). Kemudian mendapat respons yang sangat baik pula dari siswa dengan rerata skor uji satu lawan satu sebesar 4,37 dan uji kelompok kecil sebesar 4,68. Dan untuk kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan yang terbukti dari hasil perbandingan nilai N-Gain dengan skor 0,7 (tinggi). Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-Magazine ini valid menurut pendapat ahli, dan termasuk kategori sangat baik berdasarkan hasil tanggapan guru dan respons siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam materi larutan elektrolit dan non elektrolit.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-Magazine, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Multipel Representasi, Pemahaman Konsep |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | MELINDA |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 03:52 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 03:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |