PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM TENTANG PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI DNA

Rz, Rusnelly Isrika (2021) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM TENTANG PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI DNA. S1 thesis, Pendidikan Biologi.

[img] Text
Skripsi_Rusnelly Isrika Rz_A1C417061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Cover_1.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (992kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Daftar Rujukan Skripsi.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan praktikum genetika yang didesain berbasis inkuiri terbimbing. Dalam penelitian dilakukan uji kelayakan dan respon mahasiswa terhadap panduan praktikum. Panduan memuat materi tentang pembuatan media pembelajaran sederhana berbasis inkuiri terbimbing pada materi DNA. Objek penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2018 Universitas Jambi yang telah mengontrak mata kuliah genetika dan praktikum genetika. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Data angket diperoleh berdasarkan hasil respon mahasiswa, valiadasi materi dan media terhadap produk panduan praktikum yang dikembangkan. Sedangkan data tes didapat berdasarkan nilai mahasiswa melalui pretest dan posttest. Hasil data berupa persentase kategori kelayakan produk dan peningkatan nilai mahasiswa setelah menggunakan panduan praktikum yang dikembangkan. Teknik analisis data angket menggunakan pengukuran skala likert. Sedangkan data tes menggunakan uji paired sample t-Test dan uji N-gain. Data dapat dianalisis secara kuantitatif menggunakan software SPSS versi 22 dan Microsoft Exel 2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing layak untuk digunakan dalam proses pelaksanaan praktikum. Berdasarkan hasil validasi media dan materi serta ujicoba yang dilakukan pada kelompok kecil dengan responden berjumlah 6 orang dan kelompok besar berjumlah 15 orang mahasiswa diperoleh persentase tingkat kelayakan media. Validasi materi dilakukan sebanyak dua kali dengan peningkatan persentase sebesar 57,14% (cukup baik) dan 66,67% (Baik). Selanjutnya validasi media dilakukan sebanyak tiga kali didapatkan hasil persentase sebesar 42% (cukup baik), 64% (baik) dan 88% dengan kategori “Sangat baik”. Hasil ujicoba kelompok kecil diperoleh 88,16% dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil ujicoba kelompok besar 84,40% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasasarkan hasil dari analisis data yang diperoleh melalui penyebaran angket validasi materi, media dan respon dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum genetika berbasis inkuiri terbimbing pada materi DNA layak untuk digunakan. Selanjutnya proses implementasi dilanjutkan dengan pretest dan posttest sebelum dan sesudah penyebaran panduan praktikum. Berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest didapat nilai rata-rata 76,87 dan 95. Nilai N-gain yang diperoleh yaitu sebesar 0,78 dengan kategori tinggi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: RZ
Date Deposited: 29 Nov 2021 07:08
Last Modified: 29 Nov 2021 07:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27998

Actions (login required)

View Item View Item