Analisis Kesiapan Orang Tua Dalam Menghadapi Perkembangan Sosial Emosional Anak Selama Masa Pandemi Covid-19 Di TK Islam Terpadu Al-Muthmainnah Kota Jambi.

Wahyuni, Suci Analisis Kesiapan Orang Tua Dalam Menghadapi Perkembangan Sosial Emosional Anak Selama Masa Pandemi Covid-19 Di TK Islam Terpadu Al-Muthmainnah Kota Jambi. Analisis Kesiapan Orang Tua Dalam Menghadapi Perkembangan Sosial Emosional Anak Selama Masa Pandemi Covid-19 Di TK Islam Terpadu Al-Muthmainnah Kota Jambi.

[img] Text
Suci Wahyuni(A1F117043) Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)

Abstract

ABSTRAK Wahyuni, Suci. 2021. Analisis Kesiapan Orang Tua Dalam Menghadapi Perkembangan Sosial Emosional Anak Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Islam Terpadu Al-Muthmainnah Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si (II) Drs. Irzal Anderson, M.Si. Kata Kunci : Kesiapan Orang tua, Perkembangan Sosial Emosional Anak Selama masa pandemi covid-19 ini, dimana dibutuhkan kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua. Mengingat pembelajaran yang diberlakukan adalah pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring. Untuk itu diperlukan kesiapan orang tua dalam pembelajaran daring ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan orang tua dalam menghadapi pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 Di TK Islam Terpadu Al-Mutmainnah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dengan populasi sebanyak 40 responden dan sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari populasi. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebar angket kepada orang tua siswa (sebagai data utama) dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru (sebagai data penunjang). Teknik analisis data yang digunakan adalah presentase. Hasil penelitian menunjukkan jika angket tentang Kesiapan orang tua secara keseluruhan dalam penelitian ini mencapai 105,4% dan berada pada kriteria sangat tinggi.Selanjutnya adalah hal perkembangan sosial emosional anak mencapai sebesar 46,6% berada pada kriteria 41-59 dengan tingkatan sedang. . Terdapat kendala secara umum yang dihadapi orang tua dalam pendampingan, diantaranya kemampuan pemahaman materi pembelajaran oleh orang tua, kesibukan pekerjaan, kurang sabarnya orang tua, pengoperasian gadget yang kurang mahir, jangkauan internet yang kurang serta orang tua tidak mampu memotivasi anak untuk belajar dari rumah dan orang tua kurang mengetahui mengenai aplikasi-aplikasi yang akan digunakan untuk pembelajaran daring ini seperti Whatsapp gathering, Google meet dan Zoom yang dapat membantu proses pendidikan dan pembelajaran berlangsung, walaupun jaraknya jauh. Dari hasil penelitian ini disarankan hendaknya orang tua pada proses pembelajaran daring anak usia dini harus mempunyai kesiapan yang cukup baik. Kesiapan ini meliputi kesiapan fisik, kesiapan psikis, dan kesiapan meteril. Jika kesiapan orang tua sudah cukup memadai maka proses pembelajaran daring akan berjalan dengan lancar dan perkembangan sosial emosional anak pun berkembang.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Wahyuni
Date Deposited: 16 Dec 2021 06:32
Last Modified: 16 Dec 2021 06:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28770

Actions (login required)

View Item View Item