Kendala guru Memanfaatkan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar

widia, sari (2022) Kendala guru Memanfaatkan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
SKRIPSI_A1D118011_WIDIASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN .pdf

Download (187kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK Widiasari. 2021. Kendala Guru Memanfaatkan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si Pembimbing (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Kendala, Media, TIK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala guru memanfaatkan media berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi pada masa pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 55/I Sridadi pada semester ganjil Tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas data yaitu Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala guru dalam memanfaatkan media berbasis tekologi informasi dan komunikasi pada masa pandemi Covid 19 di SDN 55/I Sridadi meliputi kurangnya pemahaman guru mengenai fitur-fitur yang ada didalam leptop, terbatasnya sarana proyektor yang ada di sekolah tersebut, kurangnya pemahaman menggunakan proyektor, guru kesulitan mencari multimedia yang sesuai dengan materi yang ingin diajarkan, kurangnya pemahaman guru mendowload video dari youtube,fasilitas wifi yang tidak memadai untuk mengakses internet, guru kurang paham menggunakan smartphone, banyak nya fitur yang ada di dalam aplikasi zoom membuat guru kesulitan untuk memahami penggunaan aplikasi tersebut, pada aplikasi whatsapp beberapa guru masih belum memahami fungsi dan kegunaan aplikasi ini. Usaha yang telah sekolah lakukan yaitu mengadakan pelatihan mengenai penggunaan media berbasis TIK, terus memperbaiki dan menambah fasilitas yang akan menunjang proses pembelajaran lebih baik lagi. Usaha yang guru lakukan yaitu mengikuti pelatihan sebaik mungkin, belajar bersama guru-guru yang lebih paham mengenai media berbasis TIK. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih banyak belajar dan melakukan pelatihan untuk melatih skill dalam pemanfaatan media berbasis TIK, kemudian guru diharapkan mampu mengatasi kendala-kendala yang dialami ketika menggunakan media berbasis TIK sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan efesien.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Widiasari
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:11
Last Modified: 05 Jan 2022 03:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29808

Actions (login required)

View Item View Item