STRATEGI GURU DALAM MEMUNCULKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PJJ KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Rahmawati, lili nur (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMUNCULKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PJJ KELAS 2 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[img] Text
HALAMN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (99kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi guru, kemandirian siswa, pembelajaran jarak jauh Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan oleh guru dalam memunculkan kemandirian belajar dari peserta didik pada pembelajaran jarak jauh di Sekolah Dasar Negeri 160/V Bukit Harapan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 160/V Bukit Harapan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dari wali kelas II sebagai data utama serta peserta didik kelas II sebagai data pendukung. Penelitian ini mendeskripsikan dan memaparkan objek juga subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya, dengan melakukan pengamatan secara langsung dilapangan dan wawancara serta dokumentasi juga. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan triangulasi sumber dengan mengecek data yang telah diperoleh dari sumbernya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah membuat peserta didiknya mandiri saat melaksanakan kegiatan belajar pada pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan beberapa bentuk strategi yang diterapkan yaitu: 1). Guru menyederhanakan pembelajaran dan melaksanakannya sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, 2). Guru memberikan motivasi dan arahan kepada peserta didik, 3). Guru menggunakan metode pembelajaranpada pjj seperti metode ceramah, penugasan dan remedial teaching, 5). Guru mampu memahami karakteristik peserta didiknya dengan baik, 6). Menciptakan komunikasi dan kerja sama yang baik dengan peserta didik serta wali muridnya, 7). Melaksanakan evaluasi dan penilaian sesuai karakteristik peserta didik, 8). Guru dan peserta didik mengalami kendala berupa kondisi sarana jaringan pada pembelajaran daring, 9). Hambatan lain yaitu dengan peserta didik yang lambat menangkap ilmu saat berbasis luring sebab kurangnya perhatian anak dengan motivasi yang diberikan guru, 10). Guru meminta peserta didik untuk datang ke sekolah ataupun rumah sang guru agar dapat berkomunikasi lebih lanjut dengan peserta didik, 11). Guru melakukan pendekatan secara lebih persuasif agar lebih mudah memberikan dorongan kepada peserta didik yang kurang perhatikan motivasi yang diberikan. Dan dari hasil penelitian ini disarankan guru terus bersemangat dalam mengevaluasi cara mengajarnya dalam memunculkan kemandirian saat melaksanakan pjj serta selalu kreatif dan berinovasi dalam membuat pembelajaran semakin menyenangkan agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: RAHMAWATI
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:45
Last Modified: 17 Jan 2022 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29988

Actions (login required)

View Item View Item