ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL SIMBOL ANGKA MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI 2 KOTA JAMBI SELAMA BELAJAR DARI RUMAH

PEBRIKASARI, PEBRIKASARI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL SIMBOL ANGKA MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI 2 KOTA JAMBI SELAMA BELAJAR DARI RUMAH. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

ABSTRAK Pebrikasari. 2021. “Analisis Kemampuan Mengenal Simbol Angka Melalui Media Kartu Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Pertiwi 2 Kota Jambi Selama Belajar Dari Rumah”: Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs H. Hendra Sofyan, M.Si (II) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I. Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Simbol Angka, Media Kartu Angka Proses pembelajaran pengenalan lambang bilangan pada anak usia dini disesuaikan dengan prinsip-prinsip dasar pendidikan anak usia dini salah satunya yaitu menerapkan prinsip belajar sambil bermain dan bermain seraya belajar, dengan cara tersebut anak tidak merasa terbebani saat belajar dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini untuk mengetahui kemampuan mengenal simbol angka melalui media kartu angka pada anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi 2 Kota Jambi Selama Belajar Dari Rumah. Data yang diambil berdasarkan indikator kemampuan mengenal simbol angka yaitu menunjuk lambang 1-10, meniru lambang 1-10, menyebut lambang bilangan 1-10, memasangkan lambang bilangan dengan benda 1-10, menghitung jari 1-10 Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mana penelitian ini berusaha menggambarkan keadaan subjek saat itu. Pada penelitian ini TK yang menjadi subjek penelitian adalah anak TK Pertiwi 2 Kota Jambi dengan responen sebanyak 15 anak usia dini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner berupa angket. Angket berisi 40 pernyataan yang menggambarkan kemampuan anak dalam mengenal simbol angka. Berdasarkan Hasil pengisian angket pada kemampuan mengenal simbol angka melalui media kartu angka anak usia dini TK Pertiwi 2 Kota Jambi sebesar 82,8%. Hasil pengisian angket pada indikator anak menunjuk lambang 1-10, meniru lambang 1-10, menyebut lambang bilangan 1-10, memasangkan lambang bilangan dengan benda 1-10, menghitung jari 1-10 masing masing memiliki pesentase sebesar 87%; 79%; 88%; 80%; dan 80%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kemampuan mengenal simbol angka melalui media kartu angka pada anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi 2 Kota Jambi berada pada kriteria “tinggi”.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: (I) Dr. Drs H. Hendra Sofyan, M.Si (II) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengenal Simbol Angka, Media Kartu Angka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: KASARI
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:40
Last Modified: 20 Jan 2022 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30443

Actions (login required)

View Item View Item