Wuryan, Indriyani Tut (2022) PENGEMBANGAN E-KAMUS BIOLOGI MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DICOTYLEDONEAE PADA KELAS X SMA NEGERI 4 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (435kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_Indri.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (367kB) |
Abstract
WuryanT, Indriyani. 2021. Pengembangan E-Kamus Biologi Materi Klasifikasi Tumbuhan Dicotyledoneae Pada Kelas X Di SMAN 4 Muaro Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Dra. Muswita, M.Si. Pembimbing II: M. Erick Sanjaya, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: e-kamus, Website, klasifikasi tumbuhan Dicotyledoneae Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-kamus sebagai media pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup yang telah layak menurut para ahli, serta mengetahui persepsi guru dan peserta didik kelas X SMA setelah menggunakan media yang dikembangkan. Penelitian pengembangan dengan mengacu pada model 4D (Four-D) dengan tahapan Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran) karena keterbatasan waktu maka penelitian hanya dilakukan hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, kemudian dilakukan penilaian oleh guru mata belajaran biologi kelas X MIA SMA N 4 Muaro Jambi. Data yang digunakan ialah data kualitatif dan kuantitatif, yang diperoleh dari hasil analisis perhitungan angket dan wawancara. Validasi ahli materi dilakukan sebanyak tiga kali dengan persentase tahap pertama diperoleh 46,87% termasuk dalam kategori “tidak baik” tahap ke-2 dengan persentase 71,87% kategori “baik” dan tahap ke-3 didapatkan persentase sebesar 76,56% kategori “sangat baik”. Validasi ahli media juga dilakukan sebanyak tiga kali, dengan persentase tahap pertama didapatkan 53,12%, tahap ke-2 diperoleh persentase 62,5% termasuk kedalam kategori “baik”, dan tahap terakhir persentase yang diperoleh sebanyak 87,5% kategori “sangat baik”. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwasannya media e-kamus materi klasifikasi tumbuhan Dicotyledoneae yang dikembangkan telah layak untuk digunakan sebagai media pembantu dalam proses pembelajaran klasifikasi makhluk hidup.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-kamus, Website, klasifikasi tumbuhan Dicotyledoneae |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Wuryan |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 04:09 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 04:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |