STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ropiani, Pivin (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar.

[img] Text
SKRIPSI PIVIN AFTER SIDANGG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER pivin.pdf

Download (771kB)
[img] Text
lembar pengesahan,Persetujuan.pdf

Download (536kB)
[img] Text
ABSTRAK pivin.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I PIVIN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB V PIVIN.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA PIVIN.pdf

Download (159kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Guru, Membaca Permulaan, Pandemi COVID-19 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran membaca permulaan pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan di kelas I Sekolah Dasar Negeri 146/IV Kota Jambi pada semester genap Tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakna pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan Observasi, Wawancara kepada Informan, dan dokumentasi. Uji Validitas Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dalam proses pembelajaran membaca permulaan selama masa pandemik COVID-19 menggunakan beberapa strategi. Adapun strategi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran membaca permulaan yaitu: 1) Strategi guru dalam mengenalkan buku cerita kepada siswa yang bertujuan agar siswa dapat meningkatkan minat bacanya. Siswa membaca cerita baik pada buku tema maupun buku cerita yang tersedia di pojok baca kelas. 2) Strategi guru dalam mengatur posisi tubuh siswa ketika membaca. Guru mengajarkan siswa tentang posisi tubuh siswa yang tepat ketika sedang membaca, misalnya posisi duduk dengan badan yang tegap, jarak antara mata dan tulisan tidak terlalu jauh dan dekat dengan jarak ideal 30 cm, dan kerjasama antara dua tangan, misalnya guru mengajarkan cara memegang buku bacaan yang benar, dan cara membolak- balikkan halaman dengan tangan ketika membaca yang tepat. 3) Strategi guru dalam mengenalkan satuan Bahasa. Guru mengenalkan huruf- huruf vokal dan konsonan kepada siswa sebagai dasar untuk belajar membaca. Guru juga menggunakan media berupa huruf- huruf dan penggalan kata, selanjutnya siswa diminta untuk menyusun dan mengejanya. Dari hasil penelitianini disarankan kepada guru agar lebih menambah strategi belajarnya lagi dalam proses pembelajaran agar lebih kreatif. Dan juga disarankan kepada siswa selama proses pembelajaran agar lebih antusias dan semangat lagi, sehingga tidak hanya siswa tertentu saja yang aktif.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Ropiani
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:57
Last Modified: 20 Jan 2022 03:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30639

Actions (login required)

View Item View Item