Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematic Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Kubus dan Balok

Armalia, Putri and Mujahidawati, Dra and Sabil, Husni (2021) Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematic Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Kubus dan Balok. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (207kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (309kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat kecemasan matematika dan kemampuan koneksi matematis (2) pengaruh antara kecemasan matematika terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi pada tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple random sampling dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan rata-rata pada data populasi dan sampel penelitian ini siswa kelas VIII F sebanyak 38 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk melihat kecemasan matematika dan tes kemampuan koneksi matematis berbentuk soal uraian. Pengujian analisis menggunakan Uji Normalitas, Uji Linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat kecemasan matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 17 Kota Jambi diperoleh hasil yaitu terdapat 4 orang siswa dengan kecemasan tinggi, 29 orang siswa dengan kecemasan sedang dan 5 orang siswa dengan kecemasan rendah. Sedangkan untuk tingkat kemampuan koneksi matematis diperoleh hasil yaitu terdapat 9 orang siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi, 27 orang siswa dengan kemampuan koneksi matematis sedang dan 2 orang siswa dengan kemampuan koneksi matematis rendah. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecemasan matematika terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi dengan persamaan regresinya Y = 14,887 + 0,596X dan korelasi dari kedua variabel tersebut r sebesar 0,37 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 13,7641% yang berarti bahwa kecemasan matematika memiliki kontribusi pengaruh sebesar 13,7641% terhadap kemampuan koneksi matematis sedangkan 86,24% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain, yaitu variabel yang tidak diketahui atau tidak diteliti. Pengaruh positif ini bermakna semakin tinggi kecemasan matematika (mathematic anxiety) seorang siswa maka semakin tinggi tingkat kemampuan koneksi matematisnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Armalia
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:58
Last Modified: 21 Jan 2022 02:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30705

Actions (login required)

View Item View Item