Pangasian, David and Hafids, Sahrial and Hasnah AR, Nur (2022) Desain Chassis Transporter Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Kapasitas 750 Kg. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Draft Skripsi David Pangasian (J1B117025).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
Persetujuan, pengesahan.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
Bab 4 dan Bab 5.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (113kB) |
Abstract
Chassis adalah komponen pada kendaraan yang berfungsi sebagai rangka untuk menopang body kendaraan. Rancangan transporter Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit kapasitas 750 kg terdiri dari bagian-bagian komponen penyusun yaitu bak penampung, rangka, motor penggerak, roda, gearbox, pijakan operator dan sistem kendali. Chassis merupakan rangka tempat mekanik bagian-bagian seperti mesin, rakitan poros, rem, kemudi, dll terikat, chassis atau sasis mobil berfungsi untuk menjaga mobil tetap kaku, dan tidak bengkok. Chassis dianggap komponen paling penting dari sebuah kendaraan, karena merupakan elemen yang memberi kekuatan dan stabilitas pada kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan desain, menghitung kekuatan dan kekauan, serta menganalisis tingkat keamanan chassis transporter TBS kelapa sawit kapasitas 750 kg. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode perancangan dengan pendekatan secara fungsional dan pendekatan secara struktural. Tahap penelitian terdiri identifikasi masalah, pengembangan dan perumusan ide desain, penetapan mekanisme, konseptual gambar, analisis rancangan, gambar teknik, analisis kekuatan chassis, desain produk chassis. Hasil dari penelitian yaitu desain chassis transporter tandan buah segar kelapa sawit dengan dimensi panjang keseluruhan sebesar 2780 mm, lebar keseluruhan 1200 mm dan tinggi 670 mm. Nilai tegangan maksimum tertinggi chassis transporter terdapat pada bagian dudukan bak penampung dengan hasil tegangan maksimal sebesar 83,24 N/mm2, defleksi terbesar pada chassis transporter terdapat pada dudukan bak penampung dengan hasil yang didapat sebesar 1,82 mm dan nilai faktor keamanan pada tegangan terbesar chassis transporter yaitu sebesar 6,37. Nilai tegangan maksimal, defleksi dan nilai faktor keamanan tidak melebihi batas yang diijinkan, sehingga konstruksi chassis transporter aman untuk digunakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chassis transporter, tegangan, defleksi, faktor keamanan |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Pertanian |
Depositing User: | PANGASIAN |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 07:36 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |