Ana, Juli and Setyonegoro, Agus and Yusra, Hilman (2022) Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Azhar Kota Jambi pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2021/2022 Berdasarkan Hasil Assesment. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI JULIANA_A1B118095.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan-1.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) |
Abstract
ABSTRAK Juliana. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Azhar Kota Jambi pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2021/2022 Berdasarkan Hasil Assesment. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd., (II) Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Assesment, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Masa covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP islam terpadu Al-Azhar Kota Jambi di masa pandemi covid-19 tahun ajaran 2021/2022 berdasarkan hasil assesment. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Terpadu Al-Azhar Kota Jambi pada 7 Oktober- 28 November 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan wawancara kepada Kepala Sekolah dan guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Azhar Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti dalam mengumpulkan data bersifat emic, diperoleh dari sumber data bukan pandangan peneliti, metode yang digunakan adalah studi kasus, fenomena kasus dalam penelitian ini tentang ketidakefektifan seorang guru dalam mengambil nilai dimasa pandemi covid-19, banyak kita melihat seorang guru hanya mengambil nilai dari tugas akhir saja, namun dalam serangkaian proses pembelajaran diabaikan, penilaian di sini mencakup tiga ranah yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan Kurikulum 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Azhar Kota Jambi telah menerapkan tiga aspek penilaian baik itu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, pada KD Berita untuk aspek mendengarkan dan berbicara, KD Puisi untuk aspek membaca, serta KD Slogan dan Poster untuk aspek menulis. Penilaian juga telah berpedopan kepada rubik penilaian yang sudah terlampir dalam RPP pembelajaran, namun dari tiga ranah penilaian tersebut, masih terdapat komponen penilaian yang tidak terlaksana, seperti pada penilaian pengetahuan dan keterampilan, dikarenakan faktor keterbatasan waktu yang diberikan pada masa pandemi covid-19, dan banyaknya materi serta rubik penilaian yang harus diisi. Dari hasil penelitian disarankan agar guru meningkatkan implementasi assesment dalam pembelajaran, baik menyusun dan melaksanakan proses penilaian.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci Abstrak : Assesment, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Masa covid-19 |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Juliana |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 03:37 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 03:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |