Amil Putri, Tasyah (2022) MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NASIONAL SARIPUTRA KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FILE SKRIPSI FULL TASYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (618kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (112kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Tasyah Amil. 2022. Model Project Based Learning dalam Menulis Teks Prosedur Siswa di SMP Nasional Sariputra Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Rustam, S. Pd., M.Hum, (II) Drs. Albertus Sinaga, M.Pd. Kata kunci: project based learning, kemampuan menulis, teks prosedur Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala yang terjadi dan dihadapi oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai untuk peserta didik, sedangkan sebagai seorang pendidik, guru harus menyampaikan pembelajaran dengan cara yang dapat dimengerti oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan guru menerapkan model Project Based Learning dalam menulis teks prosedur siswa kelas VII di SMP Nasional Sariputra Kota Jambi. Termasuk mencakup bagaimana perencanaan, proses, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data yang diambil adalah kelas VIIB grup B sebanyak 14 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif meliputi wawancara, observasi dan dokomentasi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran teks prosedur menggunakan model Project Based Learning dilakukan mengikuti RPP yang telah dibuat oleh guru. Pembelajaran yang diterapkan sesuai dengan sintaks atau tahap model Project Based Learning antara lain pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal pembuatan, memonitor keaktifan dan perkembangan proyek, menguji hasil, dan mengavaluasi pengalaman belajar. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru memilih model pembelajaran yang baik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Salah satunya dengan menerapkan model Project Based Learning dalam materi teks prosedur kelas VII.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 03:22 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 03:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |