Adelia, Farrah (2022) Tindak Tutur Direktif Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (Tindak Tutur Direktif Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi)
SKRIPSI_FARRAH ADELIA_A1B118022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, DAFTAR ISI DLL.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, LAMPIRAN.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (266kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur direktif antara guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data berupa tindak tutur direktif antara guru dan siswa selama proses belajar mengajar di kelas. Sumber data adalah guru bahasa Indonesia di kelas X dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik rekam, simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan jenis-jenis tindak tutur direktif yang terdapat pada proses belajar mengajar antara guru dan siswa di kelas ditemukan jenis tindak tutur direktif permintaan sebanyak 11 data, selanjutnya jenis tindak tutur direktif pertanyaan ditemukan sebanyak 75 data, berikutnya jenis tindak tutur direktif perintah ditemukan sebanyak 20 data, lalu jenis tindak tutur direktif larangan yang ditemukan sebanyak 3 data, jenis tindak tutur direktif pemberian izin yang ditemukan sebanyak 10 data, dan terakhir jenis tindak tutur direktif nasihat yang ditemukan sebanyak 6 data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis tindak tutur direktif yang paling dominan yaitu tindak tutur direktif pertanyaan, perintah dan permintaan karena selama peneliti mengamati interaksi yang dilakukan guru dan siswa di kelas. Masih banyak siswa yang kurang aktif dalam belajar sehingga disarankan guru memberikan stimulus terus kepada siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tuturan,pembelajaran, tindak tutur direktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Adelia |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 04:00 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 04:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |