ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI PADA MATERI HIDROKARBON DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWAKELAS XIIPA 1 SMA PGRI 2 KOTA JAMBI

zulfikar, muhammad (2022) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI PADA MATERI HIDROKARBON DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWAKELAS XIIPA 1 SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Kimia.

[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover zulfikar.pdf

Download (22kB)
[img] Text
halaman persetujuan, halaman persetujuan.pdf

Download (365kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB V FIX.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-converted.pdf

Download (39kB)

Abstract

Berdasarkan kurikulum 2013, penguatan pola pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa diharapkan mampu mengkonstruksi pemikirannya sendiri. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengambangkan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran grup koperatif tipe grup investigasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model grup koperatif tipe grup investigasi dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hidrokarbon di SMA PGRI 2 KOTA JAMBI . Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran grup koperatif tipe grup investigasi baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran grup koperatif tipe grup investigasi dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian keterlaksanaan model pembelajaran grup koperatif tipe grup investigasi oleh siswa sebesar 78,13% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 55,83% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran grup koperatif tipe grup investigasi dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy = 0,054 dengan tingkat hubungan sedang. Hasil uji koefisien determinasi keterlaksanaan model pembelajaran grup koperatif tipe grup investigasi dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh Kd = 33,45% dengan tingkat hubungan rendah, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran grup koperatif tipe grup investigasi berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hidrokarbon di kelas XI IPA 1SMA PGRI 2 KOTA JAMBI.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:09
Last Modified: 21 Jun 2022 04:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32451

Actions (login required)

View Item View Item