Zaini. Z, M. (2022) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE GURU PADA MUATAN IPS KELAS VI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI UPLOAD.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
cover.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
Abstract
Z, M. Zaini. 2022. Implementasi Keterampilan Technological Pedagogical And Content Knowledge Guru Pada Muatan IPS Kelas VI Sekolah Dasar : Skripisi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M. Pd.(II) Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Keterampilan TPACK, Guru, Muatan IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi keterampilan Technological Pedagogical and Content Knowledge Guru pada Muatan IPS Kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus, dengan pendekatan penelitian berupa deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas VI A SD Negeri 55/1 Sridadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi keterampilan Technological Pedagogical and Content Knowledge Guru pada Muatan IPS Kelas VI Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini berguna bagi sekolah dan guru untuk menambah wawasan tentang keterampilan pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan pada penelitian ini Guru kelas VI A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observsi, wawancara, dan dokumentasi. Data diImplementasi menggunakan 5 tahap terdiri atas reduksi data, penyajian data, Verifikasi data, pemaknaan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas VI A SD Negeri 55/1 Sridadi telah mengimplementasikan keterampilan Technological Pedagogical And Content Knowledge yang baik pada muatan IPS Kelas VI Sekolah Dasar dimana pada proses pembelajaran guru sudah mengetahui dan menerapkan ke tujuh aspek TPACK, yaitu: 1) Pedagogical Knowledge, 2) Content Knowledge, 3) Technological Content, 4) Pedagogical Content Knowledge, 5) Technological Content Knowledge, 6) Technological Pedagogical Knowledge, dan 7) Technological Pedagogical Content Knowledge. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru telah memiliki pengetahuan dan mampu menerapkan keterampilan Technological Pedagogical and Content Knowledge pada pembelajaran muatan IPS Kelas VI Sekolah Dasar dengan baik. Keterampilan TPACK merupakan keterampilan yang wajib dimiliki seorang guru karena guru harus mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi guna meningkatkan efesiensi serta efektifitas dalam proses pembelajaran dan menyesuaikan isi atau materi pelajaran dengan kemampuan belajar serta daya tangkap peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan TPACK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | M.ZAINI.Z |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 07:03 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 07:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32704 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |