Problematika Pembelajaraan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi

Sukma, Atika (2022) Problematika Pembelajaraan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover res.pdf

Download (237kB)
[img] Text
hal. persetujuan.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Hal. pengesahan.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB V pdf.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Abstrak Penelitian ini ialah untuk menggambarkan permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini diharapkan bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengetahui apa saja problematika pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi dan sebagai bahan dalam upaya meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dalam rangka perbaikan pembelajaraan disekolah. Eksplorasi ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Informasi penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, polling dan dokumentasi. Informasi dipecah secara subyektif dengan mendeskripsikan masalah yang terjadi pada siswa. Jenis strategi dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pemeriksaan subyektif yang jelas ini berencana untuk menggambarkan apa yang terjadi saat ini. Hasil penelitian ini berbagi permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi. Permasalahan belajar di kelas VIII J SMPN 11 Kota Jambi terdapat berbagai macam masalah,khususnya tidak adanya motivasi belajar, kurangnya minat belajar siswa, tidak fokus dalam pembelajaran,dan pembelajaran yang kurang bervariasi. Pada faktor motivasi belajar, siswa kurang aktif dalam bertanya kepada guru saat menjelaskan materi, siswa tidak terlalu berkonsentrasi pada pendidik selama aktivitas pembelajaran, karena adanya rasa jenuh serta membosankan dikarenakan proses pembelajaran yang tak bervariasi. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih memperhatikan lagi siswa dalam belajar, menggunakan metode yang lebih sesuai pada setiap materi pada pelajaran bahasa Indonesia dan memakai media serta buku yang sesuai dengan kurikulum di sekolah, agar siswa dapat belajar dengan mudah dan cepat memahami.. Kata kunci : Problematika, Pembelajaran bahasa Indonesia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaraan bahasa indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: sukma
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:39
Last Modified: 14 Apr 2022 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32846

Actions (login required)

View Item View Item