PUTRI, AZALIYA (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VI SDN 04/II MUARO BUNGO. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI_AZALIA_PUTRI_A1D118130.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
cover aza.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan, halaman pengesahan.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
bab V.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
Abstract
Putri. Azaliya. 2022. Strategi guru dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa Kelas VI SDN 04/II MUARA BUNGO. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maryono, M.Pd., (II) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si Kata Kunci : Strategi Guru, Keterampilan Berbicara, Sekolah Dasar Penelitian ini dilakukan di SDN 04/II Muara Bungo pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa kelas VI SDN 04/II Muara Bungo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan peristiwa atau fenomena yang dialami oleh subjek dari penelitian terkait dengan strategi guru dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa di sekolah dasar. Data diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada wali kelas VI SDN 04/II Muara Bungo. Hasil Penelitian ini menunjukan: keterampilan berbicara siswa di SDN 4/II Muara Bungo sudah cukup baik. Hal tersebut di karenakan strategi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Strategi yang di gunakan guru dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa, yaitu: Strategi guru dalam mengembangkan keterampilan social, guru menggunakan metode diskusi, strategi Ulang-ucap Model dan Tanya jawab. 1) Strategi guru dalam mengembangkan keterampilan semantic. Guru menggunakan media audio visual diam berupa gambar, menggunakan strategi lihat-ucapkan dan menggunakan metode Tanya jawab terkait dengan media gambar. 2) Strategi guru mengembangkan keterampilan fonetik. Guru menggunakan media audio vicual gerak berupa video yang menggunakan alat berupa proyektor dan menggunakan metode Tanya jawab. 3) Strategi guru mengembangkan keterampilan vokal. Guru menggunakan strategi membaca ulang bahan bacaan dan metode Tanya jawab. 4) Gaya bicara guru merupakan strategi yang dilakukan untuk mengembangkan keterampilan berbicara siswa, guru menggunakan Bahasa Indonesia yang baku, berbicara menggunakan kalimat yang efektif dan intonasi yang jelas, menggunakan Gerak- Gerik dan Mimik yang Tepat, guru menguasi topic pembelajaran. 5) Guru melakukan tes lisan untuk menilai keterampilan bebicara siswa. Dengan melihat siswa melakukan presentasi di depan kelas, ketika menjawab pertanyaan dan ketika memberikan ide, gagasan saat presentasi. Hal itu melihat intonasi siswa, ketepatan siswa dalam menggunakan kosa kata dan kalimat, kelancaran siswa dalam berbicara, ekspresi siswa, dan kesesuaian pembicaraan siswa dengan tema pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwasanya guru sudah mengembangkan keterampilan berbicara, yaitu keterampilan social, keterampilan semantic, keterampilan fonetik dan keterampilan vocal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 02:06 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 02:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |