Pengembangan E-Modul Berbasis PjBL Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA SMA Berbentuk Aplikasi Android

Ariani, Dea Ristria (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis PjBL Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA SMA Berbentuk Aplikasi Android. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Mata pelajaran kimia adalah mata pelajaran yang terfokus pada bagaimana peserta didik memahami terkait dengan komposisi, struktur, sifat, perubahan, dan energi yang menyertainya serta dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk kelajuan hidup. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran kimia yakni PjBL. Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai tahap awal dalam pengumpulan dan mengintegrasikan pengetahuan baru yang didapatkan dari pengalaman beraktivitas secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah e-Modul berbasis PjBL pada materi laju reaksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA SMA berbentuk aplikasi android yang dikembangkan layak secara teoritis maupun praktis, serta berpotensi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan satu satu dan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini diperoleh rerata skor dari ahli materi dan ahli media masing-masing dari setiap validasi sebesar 3,643 (sangat layak dengan revisi) persentase 91,08%; 3,857 (sangat layak tanpa revisi) dengan 96,43% untuk materi dan untuk media sebesar 3,857 (sangat layak dengan revisi) dengan 96,43%; 4,00 (sangat layak tanpa revisi) dengan 100% serta dinyatakan layak untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan dari tanggapan dan penilaian guru yang berisikan bahwa e-Modul yang dikembangkan telah sesuai dan layak untuk diujicobakan pada siswa, dengan diperoleh rerata skor sebesar 3,824 (sangat layak). Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase respon siswa pada uji satu lawan satu sebesar 85% dan uji coba kelompok kecil sebesar 94%. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-Modul ini layak digunakan secara teoritis dan praktis sebagai salah satu media pembelajaran pada materi laju reaksi dan berpotensi meningkatkan kemampuan berpikir kritis berdasarkan pendapat ahli dan penilaian guru.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, PjBL, Android, Laju Reaksi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ariani
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:32
Last Modified: 26 Apr 2022 01:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33224

Actions (login required)

View Item View Item