Pengaruh Media Video Klip dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMPN 19 Muaro Jambi tahun ajaran 2021/2022

Nitami, Rini (2022) Pengaruh Media Video Klip dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMPN 19 Muaro Jambi tahun ajaran 2021/2022. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FINAL SKRIPSI RINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK[1].pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB_1 rini.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB_V rini.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA rini.pdf

Download (92kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (154kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nitami, Rini, 2022, Pengaruh Media Video Klip Dalam Pembelajaran Menulis teks persuasi Siswa Kelas VIII SMPN 19 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2021/2022: Skripsi, Jurusan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Eddy Pagar Harahap, M. Pd. (2) Hilman Yusra, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci : vidio klip, menulis teks persuasi Penelitian ini bertujuan untuk Melihat bagaimana pengaruh penggunaan media video klip dalam pembelajaran menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP N 19 Muaro Jambi tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di SMPN 19 Muaro Jambi pada Februari- Maret 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN19 Muaro Jambi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B menjadi kelas Eksperimen dan kelas A menjadi kelas Kontrol untuk melakukan pre-test dan pos-test. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dan menggunakan jenis penelitian yaitu eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengambilan data dengan melakukan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam menggunakan media vidio klip terhadap pembelajaran menulis teks persuasi siswa, dari hasil penelitian tersebut siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. Tinjauan ini didasarkan pada rata-rata skor menulis teks persuasi, kelas post-test memperoleh nilai rata-rata 75,67 sedangkan kelas kontrol lebih rendah yaitu memperoleh nilai rata-rata 62,97. Berdasarkan hasil uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0,235> 0,05 makan dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas berdasarkan hasil perhitungan dan pengolahan data yang dilakukan dengan program SPSS 21, diperoleh nilai signifikansi 0,309> 0,05, maka disimpulkan bahwa penelitian berdistribusi homogeny. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji t dengan bantuan SPSS 21, maka diperoleh signifikan atau sig.(2.tailend) sebesar 0,00< 0,05 hasil ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pos-test kelas eksperimen dan pos-test kelas kontrol

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : vidio klip, menulis teks persuasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Nitami
Date Deposited: 11 May 2022 05:17
Last Modified: 11 May 2022 05:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33346

Actions (login required)

View Item View Item