Ningrum, Yuana Wulan (2022) Analisis Peran Guru Dalam Melatih Rasa Tanggung Jawab Anak 5-6 Tahun Di TK Rizani Putra Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
COVER(getlua.com).pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
CETAK SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan .pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Wulan Ningrum, Yuana. Peran Guru Dalam Melatih Rasa Tanggung Jawab Anak 5- 6 Tahun Di TK Rizani Putra Muaro Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP. Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Nyimas Muazzomi, S.Ag.M.Pd.I. (2) Drs. Irwan, M. Pd. Kata Kunci : peran Guru, Melatih, Rasa Tanggung Jawab anak 5- 6 Tahun, TK Rizani Putra Muaro Jambi. Masalah dalam Penelitian ini di TK Rizani Putra Muaro Jambi ini adalah ter dapat 18 dari 24 anak yang perkembangan rasa tanggung jawab anak belum berkembangan dengan baik. Masih belum berkembanganya perkembangan rasa tagging jawab ini terlihat ketika dalam proses pembelajaran dan bermain. Tujuan dari penelitian ini ialah : 1) untuk mengetahui kualitas peran guru dalam melatih rasa jawab anak dalam hal guru sebagai pembimbing.2) untuk mengetahui kualitas peran guru dalam melatih rasa tanggung jawab anak dalam hal guru sebagai motivator.3) untuk mengetahui peran guru dalam melatih rasa tanggung jawab anak dalam hal guru sebagai fasilitator. 4) untuk mengetahui peran guru dalam melatih rasa tanggung jawab anak dalam hal guru sebagi model.5) untuk mengahui kualitas peran guru dalam melatih rasa tanggung jawab anak dalam hal guru sebagai evaluator. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian 2 guru di TK Rizani Putra Muaro Jambi. penarikan subjek dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. tekhnik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian tentang “ Peran Guru Dalam Melatih Rasa Tanggung Jawab anak 5- 6 Tahun Di TK Rizani Putra Muaro Jambi. Disimpulkan sebagai berikut, peran guru dalam melatih rasa tanggung jawab anak menggunakan 5 metode, yaitu : 1) membimbing, mengarahkan dan memberikan pengertian menggunakan komunikasi yang mudah di pahami oleh anak, 2) meotivasi anak agar anak dapat menyelesaikan sendiri . memotivasi dengan memberikan reward, hadiah dan tindakan, 3) menyediakan falisitas di kelas maupun di luar kelas seperti buku buku penunjang, pensil, crayon, ayunan, pelosotan dan tiang. 4) mempelihatkan contoh yang nyata agar anak dapat meniru dan mempraktekkan langsung. Guru menunjukkan sikap tauladan yang baik untuk di contoh oleh anak. 5) guru membuat penilaian kepada anak sejauh mana perkembangan rasa tanggung jawab anak. Guru mengambil penilai dari hasil tugas anak, catatan langsung dan melihat langsung di kelas sejauh mana perkembangan rasa tanggung jawab anak. ABSTRAK Wulan Ningrum, Yuana. The Role of Teachers in Training Children's Sense of Responsibility 5-6 Years Old at Rizani Putra Muaro Jambi Kindergarten. Essay. Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Department of Early and Basic Childhood Education, FKIP. Jambi University, Supervisor: (1) Nyimas Muazzomi, S.Ag.M.Pd.I. (2) Drs. Irwan, M. Pd. Keywords: teacher's role, training, sense of responsibility for children 5-6 years old, Rizani Putra Muaro Jambi Kindergarten. The problem in this research at Rizani Putra Muaro Jambi Kindergarten is that there are 18 out of 24 children whose children's sense of responsibility has not developed properly. The development of this sense of responsibility tagging is still underdeveloped when it is in the learning and playing process. The aims of this study are: 1) to determine the quality of the teacher's role in training children's sense of responsibility in terms of the teacher as a mentor. 2) to determine the quality of the teacher's role in training children's sense of responsibility in terms of the teacher as a motivator. 3) to determine the teacher's role in train children's sense of responsibility in terms of the teacher as a facilitator. 4) to know the teacher's role in training children's sense of responsibility in terms of the teacher as a model. 5) to know the quality of the teacher's role in training children's sense of responsibility in terms of the teacher as an evaluator. This research is a descriptive research with a qualitative approach. The research subjects were 2 teachers at Rizani Putra Muaro Jambi Kindergarten. Withdrawal of subjects in this study using total sampling. Data collection techniques in research using observation, interviews and documentation. data analysis techniques with data reduction, data presentation, and data verification. Based on the results of research on "The Role of Teachers in Training Children's Sense of Responsibility 5-6 Years in Kindergarten Rizani Putra Muaro Jambi. It is concluded as follows, the teacher's role in training children's sense of responsibility uses 5 methods, namely: 1) guiding, directing and providing understanding using communication that is easily understood by children, 2) motivating children so that children can solve themselves. motivate by giving rewards, prizes and actions, 3) providing facilities in class and outside the classroom such as supporting books, pencils, crayons, swings, slides and poles. 4) show real examples so that children can imitate and practice directly. The teacher shows a good role model for children to follow. 5) the teacher makes an assessment of the child's sense of responsibility development. The teacher takes assessors from the results of children's assignments, direct notes and sees directly in class how far the development of a child's sense of responsibility is.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran Guru, Melatih, Rasa Tanggung Jawab anak 5- 6 Tahun, TK Rizani Putra Muaro Jambi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | NINGRUM |
Date Deposited: | 18 May 2022 02:14 |
Last Modified: | 18 May 2022 02:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |