Novasari, Riya and Haryanto, Eddy and Ali, Rd. M (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENCAPAI STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (491kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
Halaman Depan Tesis MP.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (791kB) |
Abstract
Konsep pendidikan menurut UU No 20 Tahun 2003 dapat terwujud bilamana sekolah mengimplementasikan manajemen strategi yang tepat. Berawal dari asumsi tersebut penulis tertarik melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengkaji dan menganalisis implementasi manajemen strategi sekolah dalam mencapai SKL SDIT yang meliputi proses perumusan , implementasi dan evaluasi strategi serta faktor pendukung dan penghambatnya pada salah satu SDIT di Jambi. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif ini melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan dua orang guru. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumen dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa rumusan strategi pada SDIT ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu: 1) aktivitas penguatan visi dan misi sekolah melalui sosialisasi kepada seluruh warga sekolah, 2) analisis lingkungan internal yang terdiri dari status akreditasi sekolah, status lisensi, kualitas unggul pendidik dan PTK, jumlah siswa tiap tahun, dan keterpaduan kurikulum, cuti guru yang melahirkan, adanya pergantian guru antar unit di tahun ajaran baru, promosi, jumlah guru berpengalaman, 3) analisis lingkungan eksternal terdiri dari dukungan dan kerja sama orang tua dengan sekolah, hubungan dengan masyarakat, SDIT terbesar sekecamatan, alumni TKIT yang lanjut ke SDIT, akses jalan, budaya masyarakat, kebijakan pemerintah dan persepsi masyarakat tentang biaya sekolah. Sedangkan implementasi manajemen strategi dilakukan melalui tiga tahap : 1) pembentukan tim SKL yang terdiri dari tim perencana, tim pelaksana dan tim evaluator, 2) program SKL dalam pembelajaran melalui kegiatan majelis pagi, dalam KBM, dan pembiasaan adab islami, 3) peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan guru dan KKG. Pelaksanaan evaluasi strategi dilakukan melalui a) supervisi akademik dan klinis, dan supervisi acak, b) laporan kegiatan tiap pekan, dan bulan. Adapun faktor pendukung sekolah terhadap program SKL adalah dukungan yang besar dari orang tua dengan program sekolah dan faktor penghambatnya adalah kebijakan pemerintah yang berubah terhadap kondisi pandemi serta beragamnya latar belakang budaya siswa.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen strategi, standar kompetensi lulusan SDIT |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Novasari |
Date Deposited: | 19 May 2022 07:27 |
Last Modified: | 19 May 2022 07:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33709 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |