Rohima, Rohima and Muspawi, Mohamad and Musyaiyadah, musyaiyadah (2022) Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era Pandemi Covid 19 SMK Negeri 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover .pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (558kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (312kB) |
Abstract
Rohima. 2022. Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era Pandemi Covid 19 SMK Negeri 1 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I., M.Pd.I Pembimbing (II) Musyaiyadah, M. Pd.I. Kata Kunci : Kompetensi Manajerial, Pelaksanaan Pembelajaran Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kompetensi manajerial kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran di era pandemi covid 19 SMK Negeri 1 Kota Jambi dan untuk mengetahui apavsajabfaktorvpendukung dan penghambat kompetensi manajerial kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran di era pandemi covid 19 SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena adanya pandemi covid-19, yang menyebabkan perubahan dalam penyelengaraan pendidikan, sehingga kompetensi manajerial kepala sekolah dalam pelaksanaan pendidikan di era pandemi covid-19 sangat berbeda dari standar nasional pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, 5 ketua jurusan, dan 5 siswa dari masing-masing jurusan di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era Pandemi Covid 19 SMK Negeri 1 Kota Jambi sudah optimal tapi belum bisa maksimal, hal ini kerena msasih dalam kondisi pandemi covid-19 yang naik turun, sehingga waktu pembelajaran yang terbatas pada pembelajaran tatap muka terbatas 50%, guru kesulitan dalam menilai siswa pada pembelajaran daring, banyak materi pembelajaran yang tertinggal, motivasi belajar siswa menurun. (2) Pelatihan yang dilakukan kepala sekolah seperti in house training penggunaan Learning Manajemen Sistem, berupa bentuk video, pelatihan mengenai pembuatan RPP sedangkan untuk siswanya sosialisasi menggunakan link dari YouTube ataupun WhatsApp. (3) Kontrol yang dilakukan kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran sudah optimal namun belum bisa maksimal, naik turunnya dimana pembatasan tatap muka sehingga dalam melaksanakan kontrol sebagai. Kurangnya motivasi guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran, kurangnya pemanfaatan sarana dan prasaran merupakan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu kepala sekolah harus bisa memberikan dukungan, kontrol yang baik, kenyamanan, keamanan para warga sekolah dalam pembelajaran di rumah dan di sekolah di era pandemi covid-19, agar proses pembelajaran dapat terlaksanakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Rohima |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 02:02 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 02:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |