Hartinah, Puti and Hidayat, Marzul and Firman, Firman (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SALAH SATU SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN KERINCI. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING dan Pengesahan .pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
ABSTAR .pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
Abstract
Pendahuluan: Sekolah-sekolah mulai menerapkan kurikulum baru yang lebih menekankan pada aspek kompetensi dan kebanyak sekolah mulai berbenah diri menuju manajemen berbasis sekolah (MBS) yang memberikan otonomi luas pada sekolah. dengan demikian, sekolah leluasa mengelola sumber daya dan sumber dana dengan mengalokasikannya sesuai dengan perioritas kebutuhan, serta lebih tanggap terhadap kebutuhan setempat .sekolah dasar di tempat ini pihak sekolah masih menerepkan manajemen berbasis sekolah kendala dalam menuju tempat mereka bersekolah, dan terus melakukan suatu proses manajemen sekolah walaupun berada jauh dari kota maka untuk menjamin ketersediaan dan keterjangkauan akses serta pengelolaan sekolah, diperlukan suatu sistem implementasi manajemen berbasis sekolah dan rencana kepala sekolah terhadap kebutuhan sekolah yang kuat dan lentur sesuai dengan kebutuhan nasional dan daerah. Tujuan: dari penelitian ini untuk menjelaskan implementasi manajemen berbasis sekolah dengan melihat beberapa faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di salah satu sekolah dasar Negeri Kabupaten Kerinci. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data metode wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil: Adanya komponenkomponen mbs yang belum lancar hal tersebut di kuatkan oleh teori-teori dan penelitian yang ada menyangkut komponen manajemen berbasis sekolah dan lain sebagainya. Kesimpulan: dari hasil penelitian bahwasanya implementasi manajemen berbasis sekolah di salah satu sekolah dasar Negeri Kabupaten Kerinci sudah diterapkan namun belum baik .Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manajemen berbasis sekolah. Saran: sekolah Meningkatkan partisipasi dalam pelaksanaan MBS di sekolah dasar Negeri Kabupaten Kerinci, sekolah untuk membenahi kurangnya sarana dan prasarana yang dibutuhkan,diharapkan mampu memberikan ide dan gagasan yang mengutamakan kepentingan instansi atau kepentingan bersama, memperhatikan pengelolaan dan memperbaiki pengelolaan yang terjadi di sekolah agar lebih optimal lagi sehingga sekolah mampu mencapai apa yang belum dicapai sekolah tersebut. solusi yang tepat untuk sekolah agar sekolah bisa berjalan secara efektif, mengatasi kekurangan yang ada dengan cara mengoptmalkan proses administrasi, pengajaran dan memenuhi kebutuhan siswa.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Berbasis Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | HARTINAH |
Date Deposited: | 27 May 2022 06:52 |
Last Modified: | 27 May 2022 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |