Aisy, Salsabila rohadatul and Wibowo, Imam Suwardi and larlen, larlen (2022) KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KD TEKS PERSUASI DIKELAS VIII SMPN 7 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
bab I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (598kB) |
Abstract
Aisy, Salsabila Rohadatul, 2022 Kesantunan Berbahasa Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kd Teks Persuasi Dikelas VIII SMPN 7 Kota Jambi tahun ajaran 2021/2022: skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. R. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd. (II) Drs. Larlen, M.Pd. Kata kunci: kesantunan berbahasa, maksim, tuturan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kesantunan berbahasa guru dan siswa dalam pembelajaran. Interaksi di dalam kelas dinilai sebagai peristiwa komunikasi yang khusus. Kekhususan interaksi kelas terwujud dalam tindak tutur yang dilakukan oleh peserta tutur yang khas. Kegiatan bertutur dikelas berbeda dengan kegiatan bertutur di masyarakat secara alamiah. Di kelas terdapat tata krama tersendiri dalam berkomunikasi. Penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 7 Kota Jambi pada bulan Februari 2022. Data penelitian di dapatkan dengn cara melakukan rekaman pada saat proses pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas dengan menggunakan HandPhone. Data di olah dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada guru dan siswa yang berbicara tidak santun karena melanggar maksim dari prinsip kesantunan. Tetapi tidak menutup kemunkinan banyak juga guru dan siswa yang berbicara santun sesuai dengan prinsip kesantunan. Yang dimana bentuk kesantunan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia guru ke siswa pada KD teks persuasi kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Jambi adalah menaati maksim kearifan, pujian dan kemufakatan dan melanggar maksim kearifan. Bentuk kesantunan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia siswa ke guru pada KD teks persuasi adalah menaati maksim kearifan, pujian, kemufakatan dan melanggat maksim kearifan. Bentuk kesantunan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia siswa ke siswa pada KD teks persuasi adalah menaati maksim kedermawanan, kemufakatan dan simpati. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru bisa lebih mengoptimalkan penggunaan bahasa yang santun ketika berinteraksi dengan para siswa atau dengan warga sekolah lainnya. Dengan demikian, interaksi yang terjadi antara guru dan siswa akan berjalan dengan baik serta menghindari ketidaknyamanan siswa ketika berada di dalam kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | `aisy |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 06:31 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 06:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |