Hartawati, Fitri (2022) PENGGUNAAN ZOOM MEETING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DI KELAS VIII B SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, pendidikan bahasa dan sastra indonesia.
![]() |
Text
SKRIPSI FITRI FIKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAK.pdf Download (266kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja hambatan siswa dalam melakukan pembelajaran jarak jauh menggunakan zoom meeting dalam materi menulis puisi kelas VIII B SMP Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis dari penelitian ini yaitu deskriptif subjeknya yaitu guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 11 Kota Jambi waktu dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 pada tanggal 25 November s.d 17 Desember 2021. Data yang di peroleh pada saat guru melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh sebagai data awal dilakukan wawancara pada guru kelas VIII B melalui instrument penelitian pedoman wawancara untuk guru sebagai data perpanjang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran jarak jauh terdapat beberapa tahap, yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, tahap perencanaan pembelajaran jarak jauh sudah terlaksanakan dengan baik sesuai dengan RPP yang sudah dirancang oleh guru bidang studi sebagai acuan dalam proses pembelajaran. Proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menulis teks puisi siswa kelas VIII B SMP Negeri 11 Kota Jambi sudah terlaksana dengan baik walaupun terdapat beberapa kendala seperti gangguan sinyal internet. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran jarak jauh menulis teks puisi siswa kelas VIII B SMP Negeri 11 Kota Jambi memiliki beberapa tahapan pelaksanaan. Pada tahap perencanaan, langkah-langkah kegiatan pembelajaran sudah sesuai dan dijabarkan secara runtut pada RPP sebagai acuan bagi guru. tahap pelaksanaan, guru menggunakan aplikasi Zoom Meeting sebagai media utama dalam proses belajar mengajar dan aplikasi Whatsapp sebagai media pendukung untuk memberikan tugas. Tahapan terakhir yaitu evaluasi, guru menilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan selama pembelajaran jarak jauh menulis teks puisi. Dari hasil penelitian ini terdapat kelebihan dan kekurangan dari Zoom Meeting. pembelajaran jarak jauh (PJJ) menggunakan aplikasi Zoom Meeting dianggap tidak efektif dan bermasalah dengan sinyal atau jaringan internet. Namun, manfaat dari Zoom Meeting justru akan membantu siswa belajar virtual melalui video yang terdapat dalam fitur Zoom Meeting yang dapat menyertakan 100 peserta hingga 45 menit untuk melanjutkan proses pembelajaran jarak jauh. Disarankan agar guru tetap memberikan motivasi kepada siswa dalam belajar dimasa pandemi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | HARTAWATI |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 06:46 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 06:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |