Analisis Prinsip Sopan Santun Berbahasa Siswa dan Guru Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Al Falah Kota Jambi

Oktavia, Dwi and Budiyono, Herman and Priyanto, Priyanto (2022) Analisis Prinsip Sopan Santun Berbahasa Siswa dan Guru Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Al Falah Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (624kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Skripsi Dwi Oktavia A1B118040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Oktavia, Dwi, 2022. Analisis Prinsip Sopan Santun Berbahasa Siswa dan Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Al Falah Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd (II) Priyanto, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : pragmatik, sopan santun, pembelajaran bahasa Indonesia Prinsip Sopan Santun Berbahasa Siswa dan Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Al Falah Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip sopan santun berbahasa siswa dan guru pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Islam Al Falah Kota Jambi dengan melihat bagaimana tuturan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Metode dan pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini merupakan tuturan siswa dan guru pada saat proses pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru di SMA Al Falah Kota Jambi. Data penellitian diperoleh dengan menggunakan teknik simak, catat lapangan, dan merekam. Uji validasi data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teori. Hasil pematuhan sopan santun dalam pembelajaran bahasa Indonesia berjumlah 16 tuturan. Pada penelitian ini prinsip sopan santun berbahasa dalam pembelajaran lebih dominan pada maksim kearifan dan maksim kesepakatan. Dari hasil penelitian ini disarankan penggunaan bahasa yang santun antara siswa dan guru maupun sebaliknya akan memberikan dampak positif terhadap karakter sopan santun siswa, Penggunaan bahasa santun dalam pembelajaran akan memberikan dampak positif bagi siswa, selain menanamkan karakter sopan santun juga sebagai sarana untuk menyampaikan pesan sebuah materi ajar dengan baik. Sehingga diharapkan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: OKTAVIA
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:33
Last Modified: 13 Jun 2022 06:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34568

Actions (login required)

View Item View Item