KEMAMPUAN MENENTUKAN KALIMAT GAGASAN DAN KALIMAT FAKTA PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS VIII SMPN 30 MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022

Zaura, Patimah (2022) KEMAMPUAN MENENTUKAN KALIMAT GAGASAN DAN KALIMAT FAKTA PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS VIII SMPN 30 MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK_patimah zaura.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I_patimah zaura.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB II_patimah zaura.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Skripsi_PatimahZaura_A1B118066-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V_patimah zaura.pdf

Download (69kB)
[img] Text
COVER_patimah zaura.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_patimah zaura.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_patimah zaura.pdf

Download (75kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR_patimah zaura.pdf

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK Zaura, Patimah. 2018. Kemampuan Menentukan Kalimat Gagasan Dan Kalimat Fakta Pada Pembelajaran Teks Eksposisi Oleh Siswa Kelas Viii Smpn 30 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2021/2022: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Nazurty, M.Pd.. (II) Dra. Hj. Yusra D., M.Pd., Kata kunci: kemampuan, menentukan, siswa, kalimat gagasan dan kalimat fakta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci Kemampuan Menentukan Kalimat Gagasan Dan Kalimat Fakta Pada Pembelajaran Teks Eksposisi Oleh Siswa Kelas Viii Smpn 30 Muaro Jambi. Manfaat penelitian ini dapat memberikan dampak positif kepada berbagai pihak, baik secara teoritis maupun praktis. Secara teoritis hasil penelitian ini bermanfaat untuk dipakai sebagai acuan agar lebih giat dalam meningkatkan kualitas menentukan kalimat gagasan dan kalimat fakta. Secara praktis penelitian ini bermanfaat sebagai salah satu referensi atau masalah yang relevan bagi peneliti lain dalam melakukan penelitian yang sama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dan proses pembelajaran. Sumber data dalam penelitian yaitu pendidik dan peserta didik, dokumentasi, dan pristiwa yang terjadi. Subjek penelitian berasal dari informan yaitu guru dan siswa kelas VIII SMP Negri 30 Muaro Jambi. Data diambil dari kegiatan analisis dokumentasi, uji validitas wawancara terbuka dengan di bantu oleh alat perekam, mengoreksi hasil LKPD siswa, dan observasi secara langsung. Dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap siswa kelas VIII SMPN 30 Muaro Jambi, terdapat beberapa masalah atau masalah yang ditemui. Permasalah tersebut yaitu permasalahan yang timbul secara internal terhadap siswa, seperti siswa kurang memperhatikan guru pada saat menjelaskan materi dan siswa malas untuk membaca teks eksposisi yang telah diberikan secara berulang kali. Hal ini bisa menghambat proses belajar mengajar siswa untuk tahap selanjutnya. Oleh sebab itu, motivasi sangat penting agar bisa menumbuhkan semangat siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah sebelum terjadinya proses pembelajaran, sebaiknya siswa memahami terlebih dahulu materi pembelajaran yang akan di pelajari yaitu materi tentang menentukan kalimat fakta dan kalimat gagasan, agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala baik itu dari internal maupun kendala dari eksternal. Kepada guru disarankan sebaiknya memberikan arahan lebih khusus lagi kepada siswa yang mengalami masalah dalam menentukan kalimat gagasan dan kalimat fakta, agar tidak ada lagi siswa yang mengalami kendala dalam menentukan kalimat gagasan dan kalimat fakta ini. KATA PENGANTAR

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Zaura
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:37
Last Modified: 15 Jun 2022 01:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34603

Actions (login required)

View Item View Item