“Persepsi Guru Tentang Implementasi Asesmen Nasional Sebagai Alat Evaluasi Sistem Pendidikan Di MIN 1 Batanghari

Ainah, Nur and Muazza, Muazza and Rahman, K.A (2022) “Persepsi Guru Tentang Implementasi Asesmen Nasional Sebagai Alat Evaluasi Sistem Pendidikan Di MIN 1 Batanghari. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (259kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING dan pengesahan.pdf

Download (255kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (392kB)

Abstract

Tesis ini membahas persepsi guru tentang implementasi asesmen nasional sebagai alat evaluasi sistem pendidikan di MIN 1 Batanghari. Penelitian ini bertujuan : (1) Menganalisis persepsi guru tentang implementasi Asesmen Nasional di MIN 1 Batanghari; (2) Mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam implementasi Asesmen kompetensi minimum dan survei karakter; (3)Mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam implementasi survei lingkungan belajar; (4) Mengidentifikasi upaya apa saja yang dilakukan guru dalam rangka implementasi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter; (5) Mengidentifikasi upaya apa saja yang dilakukan guru dalam rangka implementasi survei lingkungan belajar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriftif. Data diperoleh melalui wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi sumber digunakan untuk mendapatkan data dari sumber yang berbedabeda dengan teknik yang sama. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data yakni menerangkan semua hasil wawancara, penyajian data dalam bentuk narasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru tentang asesmen nasional adalah positif (baik) hal ini ditunjukkan dengan pendapat para guru. Kendala dalam pelaksanaan AKM dan survei karakter diantaranya berasal dari faktor siswa, masih terdapat sebagian kecil siswa yang lamban mengoperasikan IT dan kurang memahami maksud soal. Faktor sarana prasarana, sekolah kekurangan perangkat komputer dan ruangan khusus pelaksanaan ANBK. Kendala dalam pelaksanaan survei lingkungan belajar adalah sebagian guru sulit memahami bentuk soal yang terdapat dalam instrumen karena soal terlalu panjang dan membutuhkan analisis tingkat tinggi. Upaya yang dilakukan guru dalam implementasi AKM dan survei karakter adalah bersama sekolah mengupayakan untuk melengkapi sarana dan prasarana dengan bekerja sama dengan orang tua wali murid dan Kemenag Kabupaten Batanghari, melatih siswa mengopersikan komputer dan membekali siswa dengan pembahasan soal-soal, membiasakan kegiatan literasi membaca sehari-hari melalui kegiatan membaca di perpustakaan, membuat taman baca dan memaksimalkan fungsi pojok baca. Upaya yang dilakukan guru dalam survei lingkungan belajar adalah melakukan latihan cara pengisian survei.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Asesmen Nasional (AN), guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: 'Ainah
Date Deposited: 17 Jun 2022 05:31
Last Modified: 17 Jun 2022 05:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35046

Actions (login required)

View Item View Item