Asroriah, Desi and Mukminin, Amirul and Ali, Raden Muhammad (2022) IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU NURUL ILMI JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB V (2).pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf Download (422kB) |
Abstract
Pembelajaran Alquran merupakan salah satu program unggulan di SMAIT Nurul Ilmi bertujuan menumbuhkan bakat anak-anak dalam membaca dan menghafal Alquran dengan baik, tepat, lancar dan fasih sesuai kaidah serta menjadikan Alquran sebagai basic karakter insani untuk mencetak generasi berakhlakul karimah. Dan adanya pembelajaran Al Qur’an disekolah ini menjadi daya tarik dan perhatian masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya dilembaga ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi fungsi manajemen pembelajaran Alquran di SMAIT Nurul Ilmi dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, desain penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sebagai narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model miles and huberman dengan langkah pengumpulan data reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil análisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa fungsi manajemen pembelajaran Alquran di SMAIT Nurul Ilmi dilaksanakan dengan sangat terprogram yaitu mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Pertama perumusan tujuan menjadi awal perencanaan pembelajaran Alquran yang harus ada dan disiapkan oleh sekolah, kedua pembagian tugas guru alquran yang profesional dan penetapan metode pembelajaran disiapkan sebagai wujud pengorganisasiandalam program tersebut, ketiga pelaksanaan pembelajaran Alquran sebagai wujud implementasi dari perencanaan dan pengorganisasian dan terakhir keempat evaluasi pembelajaran Alquran dilaksanakan harian, bulanan, tengah semester dan semester serta supervisi yang merupakan bagian dari evaluasi guna mengukur efektivitas dan efisiensi program sehingga dapat diketahui kelemahan dan kekurangan dari program tersebut untuk selanjutnya dapat diperbaiki. Faktor pendukung dalam fungsi manajemen pembelajaran Alquran ini adalah guru, program yang terencana dengan baik serta wali murid yang selalu bersinergi bekerja sama dalam mensukseskan pembelajaran Alquran serta para peserta didik yang semangat dan antusias dalam membaca dan menghafalkan Al quran. Faktor penghambat manajemen pembelajaran Alquran adalah pengaruh gadjet, waktu belajar yang terbatas dan orang tua peserta didik yang belum sepenuhnya mendukung program ini dan juga belum tertanam dalam jiwa peserta didik.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fungsi Manajemen pembelajaran Alquran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Asroriah |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 05:33 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 05:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |