Triana, Ice Perbandingan Hasil Belajar Materi Ikatan Kimia Menggunakan Video Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Tipe Think Pair Share (TPS). Chemistry Education. (Unpublished)
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
Artikel Ice Triana.docx Download (37kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya media ajar yang membantu siswa dalam proses memahami materi serta rendahnya ketertarikan siswa akan materi kimia yang diajarkan yang mana hal ini juga berdampak terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan video pembelajaran didalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk menarik minat siswa dalam belajar kimia dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar materi ikatan kimia yang diajar menggunakan video pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih baik dibandingkan dengan yang diajar menggunakan video pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini diambil secara Purposive sampling dan dipilih 2 kelas, dimana kelas MIA 1 sebagai kelas eksperimen I yang diajar menggunakan video pembelajaran melalui model kooperatif tipe STAD dan kelas MIA 4 sebagai kelas eksperimen II yang diajar menggunakan video melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan video pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki nilai rata-rata yang lebih baik yaitu 73.24, dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang diajarkan menggunakan video pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS yaitu 68.39. Dan berdasarkan hasil uji statistic menggunakan uji Mann Whitney (uji nonparametric) diperoleh nilai A. Symp (P) lebih kecil dibanding 0,05 (0,00 > 0,05). Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil analisis ini disimpulkan bahwa hasil belajar materi ikatan kimia menggunakan video pembelajaran melalui model kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan yang diajar menggunakan video pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Kata Kunci:Video Pembelajaran, Student Team Achievement Division (STAD), Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Ice Triana |
Date Deposited: | 09 Mar 2018 02:06 |
Last Modified: | 09 Mar 2018 02:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3568 |
Available Versions of this Item
- Perbandingan Hasil Belajar Materi Ikatan Kimia Menggunakan Video Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Tipe Think Pair Share (TPS). (deposited 09 Mar 2018 02:06) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |