PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENULIS TEKS EKSPOSISI DI KELAS X IPS SMA ISLAM AL FALAH KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022

Afdalazhsyah, Gifarli Muhammad and LARLEN, LARLEN and Yusra, Hilman (2022) PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENULIS TEKS EKSPOSISI DI KELAS X IPS SMA ISLAM AL FALAH KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indo.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
(II) COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
(III) HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (47kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
(II) ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
(VI) BAB I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(VII) DAFTAR RUJUKAN FIX.pdf

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan secara terstruktur proses penggunaan media Youtube oleh guru dalam pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas X IPS SMA Islam Al Falah Kota Jambi. Penggunaan media yang tepat menghasilkan sesuatu yang sesuai pula dengan tujuan capaian dalam pembelajaran. Penelitian ini berlokasikan di kelas X IPS SMA Islam Al Falah Kota Jambi seujumlah 24 siswa, pelaksanaan penelitian selama dua bulan, terhitung dari bulan oktober – november 2021. Menggunakan pendekatan kualitiatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Terdapat dua data dalam penelitian ini, yaitu RPP dan hasil wawancara guru sebagai data utama, dan data pendukung berupa asesmen guru dan hasil menulis teks siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah, (1) observasi (2) wawancara dan (3) menganalisis dokumen. Adapun teknik uji validitas data penelitian ini, yaitu Triangulasi sumber data, dengan teknik analisis data temuan (1) mereduksi data, (2) menyajikan data temuan, dan (3) interpretasi hasil olahan data. Hasil temuan data pada penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa penggunaan media youtube berjalan sesuai dengan RPP yang telah dibuat oleh guru serta mendapatkan respon baik oleh siswa dalam pembelajaran. Adapun kesesuaian penggunaan media pembelajaran yang digunakan dikategorika sesuai dengan pendapat ahli terkait penggunaan media pembelajaran. Serta penilaian siswa X IPS pada materi teks eksposisi dengan rata-rata 92.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: AFDALAZHSYAH
Date Deposited: 01 Jul 2022 07:08
Last Modified: 01 Jul 2022 07:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35883

Actions (login required)

View Item View Item