Pengembangan Media E-kolim (Elektronik-Komik Limbah) Bilingual Menggunakan Webtoon Sebagai Bahan Edukasi Lingkungan di Masyaratakat

Febriana, Riska (2022) Pengembangan Media E-kolim (Elektronik-Komik Limbah) Bilingual Menggunakan Webtoon Sebagai Bahan Edukasi Lingkungan di Masyaratakat. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (308kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (379kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (325kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Febriana, Riska. 2022. Pengembangan Media E-Kolim (Elektronik-Komik Limbah) Bilingual Menggunakan Webtoon Sebagai Bahan Edukasi Lingkungan di Masyarakat: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Winda Dwi Kartika, S.Si., M.Si.,(2) M. Erick Sanjaya, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: e-kolim bilingual, webtoon, edukasi lingkungan Permasalahan mengenai limbah terus meningkat seiring dengan peningkatan populasi manusia, perkembangan zaman dan teknologi. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan masalah limbah di lingkungan masyarakat adalah kurangnya edukasi terkait pengelolaan limbah. Edukasi pengelolaan limbah dapat dilakukan dengan menggunakan media berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penggunaan media tersebut didukung oleh masyarakat yang sudah mengenal teknologi dan internet. Oleh sebab itu dikembangkan media E-Kolim (Elektronik-Komik Limbah) bilingual menggunakan Webtoon sebagai bahan edukasi lingkungan di masyarakat. Jenis penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Objek penelitian ini yaitu masyarakat yang berdomisili di RT 09, RW 05 Desa Simpang Sungai Duren, Kecamatan Jambi Luar Kota dengan melakukan uji coba kelompok dengan jumlah 53 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi media, validasi materi, dan respon masyarakat kemudian dianalisa kategori tingkatan validitasnya. Berdasarkan analisis data hasil pengembangan E-Kolim bilingual menggunakan Webtoon yang telah melalui tahapan validasi materi dan media serta ujicoba kelompok, produk E-Kolim layak untuk digunakan. Hasil penilaian dari validator materi yang dilakukan sebanyak tiga kali diperoleh rata-rata skor validasi I 54,68% (kurang), validasi II 71,87% (Baik), dan validasi III 85,94% (Sangat Baik). Penilaian validator media dilakukan sebanyak dua kali dengan rata-rata skor validasi I 70,31% (Baik) dan validasi II 84,37% (Sangat Baik). Kemudian hasil uji coba kelompok diperoleh rata-rata skor 84,77% (Sangat Setuju), masyarakat menilai bahwa E-Kolim layak baik dari segi media, materi, bahasa dan manfaat produk E-Kolim yang telah dikembangkan. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Kolim layak digunakan pada masyarakat baik pada tingkat strata pelajar/mahasiswa maupun masyarakat umum.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-kolim bilingual, webtoon, edukasi lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: FEBRIANA
Date Deposited: 07 Jul 2022 08:01
Last Modified: 07 Jul 2022 08:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36424

Actions (login required)

View Item View Item