KHAIRUNNISA, KHAIRUNNISA (2022) PENGARUH PERMAINAN FLASHCARD FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN DI TK ISLAM AN-NISA MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
Abstract
ABSTRAK Khairunnisa. 2018. Pengaruh permainan flashcard flanel terhadap kemampuan keaksaraan di TK ISLAM AN-NISA Muaro Jambi tahun ajaran 2021/2022: Skripsi, Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I, (II) Rizki Surya Amanda, M.Pd. Kata kunci: Flashcard flanel; kemampuan keaksaraan Berdasarkan hasil observasi peneliti di TK Islam An-nisa Muaro Jambi, hasil belajar anak didik terlihat belum optimal. Beberapa masalah yang terjadi karena adanya beberapa anak yang belum memahami huruf dengan baik, belum memahami makna kata dalam cerita, menulis huruf dengan benar, dan anak belum bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru mengenai huruf a-z, hal ini terlihat saat anak melakukan kegiatan di sekolah dan saat anak mengerjakan LKPD di kelas, serta kurangnya media pembelajaran yang bervariasi untuk perkembangan keaksaraan anak. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh permainan flashcard flanel terhadap kemampuan keaksaraan di TK Islam An-nisa Muaro jambi. Flashcard flannel dalam penelitian ini merupakan media pembelajaran berupa kartu yang terbuat dari kain flanel yang memuat informasi dasar, seperti kata dan gambar terkait tema pembelajaran.Penelitian dilakukan pada kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol dengan melakukan pretest dan posttest. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas B3 di TK Islam An-nisa yang berjumlah 15 orang. Penentuan sampel dengan metode sampling jenuh. Penelitian memakai metode pra-experimental desain one group pretest-posttest menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil kemampuan keaksaraan siswa dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 21. Skor rataan pretest (sebelum diberikan perlakuan) menggunakan media flashcard mencapai skor rata-rata 15,3. Sedangkan kemampuan keaksaraan anak setelah diberikan perlakuan menggunakan media flashcard mencapai skor rata-rata 22,53. Berdasarkan hasil uji-t tes data pre-test dan post-test kemampuan keaksaraan memperoleh nilai sign. 0,413 > 0,05 hasil dari penerapan media hasil dari penerapan media flashcard flanel diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,005, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan pengambilan keputusan nilai t hitung, yaitu sebesar t hitung 8.332 > t tabel 1.771, maka H0 ditolak dan H1. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 8,62% peningkatan kemmpuan keaksaraan anak pada hasil sebelum dan sesudah menggunakan media flashcard flanel kelas B3 di TK Islam An-nisa Muaro Jambi. Kata Kunci: Flashcard flanel, Kemampuan keaksaraan
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flashcard flanel, Kemampuan keaksaraan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Khairunnisa |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 07:41 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 07:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |