Anjani, Ria and Purnomo, Budi and Indrayani, Nelly (2022) Penerapan Metode Information Search Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 MA Laboratorium UIN STS Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 MA Laboratorium UIN STS Jambi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan upaya penerapan metode Information Search berbasis Mind Mapping dalam meningkatkan pemahaman belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 MA Laboratorium UIN STS Jambi Tahun pembelajaran 2021/2022, (2) untuk meningkatkan pemahaman belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 melalui penerapan metode Information Search Berbasis Mind Mapping.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di MA Laboratotium UIN STS Jambi, dengan jumlah subjek penelitian 18 orang siswa. Objek penelitian ini adalaj pemhaman siswa dalam pembelajaran sejarah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode Information Search berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil tiap siklus yang dilakukan. prasiklus memperoleh nilai rata-rata pra siklus sebesar 54,18 dengan siswa yang mencapai nilai keriteria ketuntasan minimum (KKM) sebanyak 2 orang siswa dengan persentase 11,11% dan sisanya 16 orang siswa 88,88% tidak tuntas. pada siklus I memperoleh nilai rata rara sebesar 62,22 dengan siswa yang mencapai nilai Keriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 33,33% sebanyak 6 orang yang tuntas dan sisanya 12 orang siswa sebanyak 66,66% tidak tuntas. Pada siklus II memperoleh nilai rata rara sebesar 75,55 dengan siswa yang mencapai nilai Keriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 72,22% sebanyak 13 orang yang tuntas dan sisanya 5 orang siswa sebanyak 27,77% tidak tuntas. Peningkatan pemahaman siswa dalam dengan menggunakan metode information search dirasa sudah maksimal karena pencapain nilai diatas KKM sudah melebihi target yaitu 72%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Information Search, Mind Mapping, Pemahaman Belajar Sejarah |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | ANJANI |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 03:33 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 03:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |