Manasye OktriPutri, Amelia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Bungo. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indo.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL AMELIA MANASYE.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI AMEL.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (166kB) |
Abstract
OktriPutri, Amelia Manasye. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Bungo: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. R Imam Suwardi Wibowo, M.Pd. (II) Priyanto, S.Pd., M.Pd Kata kunci: model pembelajaran discovery learning, keterampilan menulis, teks ulasan. Model pembelajaran discovery learning adalah model pembelajaran aktif yang melibatkan siswa secara langsung dengan penemuannya sendiri seperti menyelidiki, menemukan, dan mencari tahu sehingga memperoleh hasil dari kejujuran yang didapatkan siswa tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Muara Bungo pada Maret 2022 Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan menulis teks ulasan kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Bungo. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Bungo?. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Bungo. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII A sampai VIII D dan sampel penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 65 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi, wawancara, angket, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ada tiga tahap yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 16.0. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen (71,25) dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol (69). Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (92,5) dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol (55). Setelah dilakukan uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t yakni uji Paired Samples Test diperoleh nilai signifikan sebesar 0.00. Karena nilai signifikannya adalah 0.00 < 0.05, maka Hο ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Bungo.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran discovery learning, keterampilan menulis, teks ulasan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | OKTRIPUTRI |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:51 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |