Penggunaan Media Video Dalam Pembelajaran Hikayat di Kelas X IPS SMA Islam Al-Falah Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022

Melinia, Fitri and larlen and Salim, Agus (2022) Penggunaan Media Video Dalam Pembelajaran Hikayat di Kelas X IPS SMA Islam Al-Falah Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (153kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Image
IMG-20220719-WA0001.jpg

Download (58kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (268kB)

Abstract

Melinia, Fitri. 2022. Penggunaan Media Video Dalam Pembelajaran Hikayat di Kelas X IPS SMA Islam Al-Falah Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Larlen, M.Pd., (II) Drs. Agus Salim, M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa, Cerita Hikayat, Media Video Penelitian ini dilatarbelakangi dengan minimnya kecakapan guru terhadap mempergunakan media pembelajaran nan berbanding dengan bahan ajar, dan media ajar yang digunakan cenderung monoton, akibatnya peserta didik kurang memahami pelajaran dengan menggunakan media konvensional.guru seharusnya mampu menerangkan pembelajaran melalui cara yang lebih mudah dipahami bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dari penggunaan media video dalam pembelajaran hikayat di kelas X IPS SMA Islam Al-Falah Kota Jambi yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Penelitian ini mempergunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Sumber data yang diambil merupkan siswa kelas X IPS sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang terlaksana dalam penelitian kualitatif yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Berlandaskan hasil dari penelitian, proses pembelajaran materi hikayat melalui perantara media video yang telah dilakukan disetarakan dengan RPP yang telah dirancang dan diselesaikan oleh guru. Pembelajaran yang telah dilaksanakan sesuai dengan kompetensi dasar, kompetensi inti, indikator pencapaian, dan kelengkapan sarana ketika mengimplementasi media pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Persiapan, kegiatannya berupa guru mempersiapkan RPP , Mepersiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran kemudian guru mengacu pada materi pembelajaran yang diperoleh media video yang disesuaikan dengan KI KD dan indikator pencapaian, kelengkapan saran ketika implementasi media pembelajaran. Pelaksanaan, kegiatan pelaksanaan berupa proses pembelajaran yang berpedoman pada RPP yang terdiri dari tiga tahap, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Tindak lanjut, pada kegiatan tindak lanjut berupa memberikan tugas kepada siswa, memberikan pertanyaan umpan balik, selanjutnya mengajak siswa untuk memperdalam materi dengan menggali informasi yang telah dipelajari dan diketahui melalui sumber lain seperti internet.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: MELINIA
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:16
Last Modified: 19 Jul 2022 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36939

Actions (login required)

View Item View Item