Sintiana, Riska (2022) Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 6 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI RISKA SINTIANA FIXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (773kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
Abstract
ABSTRAK Sintiana, Riska. 2022. Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E pada Materi Larutan Penyangga terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMAN 6 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Dra. Wilda Syahri, M.Pd., (2) Dra. Yusnidar, M.Pd. Kata Kunci : Model Learning Cycle 7E, Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga Pelaksanaan pembelajaran semakin beragam dinamika dari waktu ke waktu. Terlebih dimasa pandemi Covid-19 yang banyak memberikan dampak diberbagai bidang, salah ssatunya Pendidikan. Pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi dunia Pendidikan untuk memanfaatkan teknologi dalam menunjang pembelajaran. Hal ini menjadi keuntungan untuk melatih penggunaan teknologi agar siswa lebih kompeten dalam pembelajaran abad 21. Adapun salah satu model pembelajaran yang berpengaruh pada jalannya kegiatan pembelajaran untuk menunjang keberhasilan mencapai tujuan pembelajaran yaitu Model Learning Cycle 7E. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Learning Cycle 7E pada materi Larutan Penyangga terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa di SMAN 6 Kota Jambi. Jenis Penelitian ini adalah Quasi-Experimental dengan bentuk desain penelitian yang diambil yakni The Non Equivalent Control Group Design. Dalam pelaksanaannya digunakan dua kelas sampel yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu Random Sampling. Kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran yang biasa guru gunakan sehari-hari yakni model Direct Instruction, sedangkan pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan Model Learning Cycle 7E. Instrument penelitiian yang digunakan dalam penelitian ini berupa test essay, lembar observasi aktivitas siswa (analisis kuantitatif) serta lembar penilaian aktivitas guru (analisis kualitatif). Untuk melihat pengaruh dari penerapan model Learning Cycle 7E dilakukan Uji hipotesis yang digunakan yaitu Uji t. Berdasarkan hasil rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol diperoleh 67 sedangkan kelas eksperimen 83,64. Selanjutnya dilakukan uji Liliofers dan diperoleh Lhitung<Ltabel sehingga data berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji Fisher dan diperoleh data homogen yang dibuktikan dari nilai Fhitung<Ftabel yaitu 1,0860 < 1,7571. Adapun hasil uji t dengan taraf nyata α=0,05 diperoleh data hasil tes essay yaitu bahwa thitung>ttabel yaitu 7,2154 > 1,6669 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil peneilitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Learning Cycle 7E pada materi Larutan Penyangga terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa di kelas XI MIPA 2 SMAN 6 Kota Jambi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya skor rata-rata test essay siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Learning Cycle 7E, Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SINTIANA |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 01:49 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 01:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37084 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |