Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Chemo-Edutainment pada Materi Larutan Asam dan Basa di SMK Kelas X

Nurmelis, Hesti (2022) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Chemo-Edutainment pada Materi Larutan Asam dan Basa di SMK Kelas X. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (10kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
SKRIPSI HESTI NURMELIS (A1C118090).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (351kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nurmelis, Hesti. 2022. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Chemo-Edutainment pada Materi Larutan Asam dan Basa di SMK Kelas X”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (1) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes (II) Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Chemo-Edutainment, Larutan Asam dan Basa. Ilmu kimia merupakan sebuah cabang ilmu yang termasuk dalam pengetahuan alam (IPA) yang mempelajari tentang struktur, komposisi, sifat dan perubahan materi serta energi yang mengiringi dalam perubahan tersebut. Chemo-Edutainment (CET) merupakan sebuah pendekatan pembelajaran kimia yang memasukkan unsur-unsur yang bersifat menghibur sehingga dalam pembelajaran kimia siswa merasa senang dan tertarik. Edutainment adalah gabungan antara edukasi (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Pengabungan kedua konsep ini bertujuan agar padangan bahwa pelajaran kimia yang terkadang menyulitkan dapat juga menjadi sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah multimedia pembelajaran interaktif berbasis chemo-edutainment pada materi larutan asam dan basa di SMK kelas X yang dikembangkan layak secara konseptual mupun praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan satu per satu dan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini diperoleh rerata skor dari ahli materi dan ahli media masing-masing sebesar 4,3 (sangat layak) dengan persentase 86% ; 4,3 (sangat layak)dengan persentase 86% serta dinyatakan layak untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan penilaian dan tanggapan guru yang berisikan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan telah sesuai dan layak untuk diujicobakan pada siswa, diperoleh rerata skor dari tiga guru sebagai validasi praktisi yaitu masing-masing sebesar 4,0 (layak) dengan persentase 80% ; 43 (sangat layak) dengan persentase 86% ; 4,3 (sangat layak) dengan persentase 86%. Serta mendapat respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase respon siswa pada uji satu per satu sebesar 93,33% dan uji coba kelompok kecil sebesar 92%. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini layak digunakan secara konseptual dan praktis sebagai salah satu media pembelajaran pada materi larutan asam dan basa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Chemo-Edutainment, Larutan Asam dan Basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurmelis
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:55
Last Modified: 18 Jul 2022 01:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37133

Actions (login required)

View Item View Item