Sihotang, Anggun Br (2022) Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ANGGUN BR SIHOTANG (A1C418089).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya motivasi belajar siswa yang berdampak terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan tersebut dapat disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang kurang beragam. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, yaitu model pembelajaran Flipped Classroom. Model ini memiliki kelebihan yaitu menyediakan waktu yang lebih banyak bagi siswa untuk belajar dan pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran flipped classroom terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasi Experimental) menggunakan desain Nonequivalent Pre-test Post-test Control Group Design. Subyek penelitian ini seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas dengan ketentuan satu sebagai kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini divalidasi oleh para ahli dan uji lapangan. Teknik analisis data melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan uji-t independent, uji-t paired samples dan uji ancova dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS 26 for windows. Model pembelajaran di kelas eksperimen dan kontrol telah terlaksana dengan konsisten pada dua pertemuan. Berdasarkan uji-t independent menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang tidak berbeda. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, uji paired samples menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan sebelum dan setelah perlakuan, baik motivasi atau hasil belajar siswa. Uji hipotesis ancova menunjukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap motivasi belajar siswa dengan signifikansi .000 < 0,005: 2) terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar dengan signifikansi .000 < 0,005. Berdasarkan uji-t independent menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan di kedua kelas terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa SMA.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipped Classroom, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | SIHOTANG |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 02:38 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 02:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37157 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |