Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 11 Kota Jambi Pada Materi Fungi Dalam Pembelajaran Abad 21

Ulhikmah, Rizqa Auliya (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 11 Kota Jambi Pada Materi Fungi Dalam Pembelajaran Abad 21. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (52kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut pendidik dan peserta didik untuk selalu aktif dalam mengembangkan potensi dan kemampuan dirinya sehingga dapat terwujud pembelajaran yang aktif. Pembelajaran abad 21 bertujuan untuk mendorong peserta didik agar dapat menguasai keterampilan-keterampilan abad 21 yang berguna bagi diri mereka sendiri untuk menghadapi perubahan dan perkembangan zaman di era pengetahuan. Pembelajaran abad 21 mencakup keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication). Keterampilan Pembelajaran abad 21 diantaranya adalah kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif merupakan suatu kemampuan pada diri seseorang yang dapat menghasilkan ide, gagasan, metode atau produk baru yang bersifat imajinatif dan inovatif. Indikator Berpikir Kreatif antara lain kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIA pada materi Fungi di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif dengan metode kuantitatif. Data diperoleh dengan cara memberikan tes berupa soal uraian kepada siswa dan wawancara dengan guru. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan guru di SMAN 11 kota jambi. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh persentase rata-rata untuk masing-masing indikator kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi sebesar 77%, 64%, 72% dan 76%. Rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa dari semua indikator diperoleh hasil sebesar 72%. Dapat disimpulkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMAN 11 kota Jambi pada materi fungi dalam pembelajaran abad 21 tergolong kategori cukup kreatif. Hal ini terlihat dari persentase hasil yang didapat dari tes yang telah diujikan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Abad 21, Kemampuan Berpikir Kreatif, Fungi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ULHIKMAH
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:50
Last Modified: 18 Jul 2022 01:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37212

Actions (login required)

View Item View Item