susanti, eka (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INSYA’ MUWAJJAH UNTUK MENINGKATKAN MAHAROTUL KITABAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 8 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
skripsi full teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
bab 2.pdf Download (682kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
cover skripsi.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN dan persetujuan.docx.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
Abstract
Abstract:Seeing Arabic learning in Indonesia, there are two things that need to be considered, namely, Arabic is not only learned in Islamic boarding schools and Madrasas (MTs and MA), but also in public schools. This study aims to determine the implementation of Insya' Muwajjah learning in improving Maharotul Kitabah students of class VIII MTs Negeri 8 Muaro Jambi and to determine the factors that influence Insya'muwajjah learning to improve Maharotul Kitabah in Class VIII. This study uses a descriptive qualitative method where the author describes the data that has been obtained during the study. that the implementation of learning insya muwajjah to improve maharotul kitabah class VIII has been carried out well and can be said to be effective. The author sees this from various aspects, in terms of implementation it has been good, although there are no special lessons, God willing. In terms of material, it is also in accordance with what it should be, making it easier for students to understand it and in terms of media and methods it also adapts to learning Arabic with various methods. The factors that influence learning insya muwajjah to improve the class VIII maharotul at Madrasah Tsanawiyah are teacher factors who have had a good influence on learning because of the many teaching experiences they have from 2001 until now. Factors of students' interest and attention are quite good in participating in learning insya muwajjah. The facilities and infrastructure factors are quite adequate in terms of school buildings, only need to be addressed and improved again for the completeness of learning activities, especially Arabic language learning facilities and infrastructure. And finally the time allocation factor that affects learning because the available time is limited. Keywords: maharotul kitabah learning Arabic, insya 'muwajjah Abstrak: Melihat pembelajaran bahasa Arab di Indonesia ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu, bahasa Arab tidak hanya dipelajari di Pondok Pesantren dan Madrasah (MTs dan MA), tetapi juga disekolah-sekolah umum. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran insya’ muwajjah dalam meningkatkan maharotul kitabah siswa kelas viii mts negeri 8 muaro jambi dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran insya’muwajjah untuk meningkatkan maharotul kitabah di kelas viii. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana penulis mendeskriptifkan data yang telah di dapat selama penelitian. bahwa pelaksanaan pembelajaran insya muwajjah untuk meningkatkan maharotul kitabah kelas VIII sudah terlaksana dengan baik dan bisa dikatakan efektif. Hal ini penulis lihat Dari berbagai segi, segi pelaksanaannya sudah baik, walaupun tidak terdapat pelajaran khusus insya’. Dari segi materi juga sudah sesuai dengan yang seharusnya, mempermudah siswa untuk memahaminya dan dari segi media dan metode juga menyesuaikan dengan pembelajaran bahasa arab dengan berbagai macam metode. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran insya muwajjah untuk meningkatkan maharotul kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah adalah faktor guru yang sudah memberikan pengaruh baik terhadap pembelajaran karena pengalaman mengajar yang dimiliki sudah banyak dari tahun 2001 sampai sekarang. Faktor peserta didik minat dan perhatian yang cukup baik dalam mengikuti pembelajaran insya muwajjah. Faktor sarana dan prasarana cukup memadai untuk segi bangunan sekolah, hanya perlu dibenahi dan ditingkatkan lagi untuk kelengkapan kegiatan pembelajaran khususnya sarana dan prasarana pembelajaran bahasa arab. Dan terakhir faktor alokasi waktu yang berpengaruh terhadap pembelajaran karena waktu yang tersedia terbatas. Kata Kunci: maharotul kitabah, pembelajaran bahasa arab, insya’ muwajjah
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | SUSANTI |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 02:02 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 02:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37406 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |